Niat Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Lengkap Beserta Artinya

tata cara shalat tahajud


Tata Cara Shalat Tahajud- Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang diajarkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam yang memiliki keutaman-keutamaan luar biasa. adapun keutaman-keutamaannya telah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tatacara shalat tahajud secara lengkap berdasarkan dalil-dalil dan hadist nya. Baiklah berikut adalah beberapa poin yang akan kami bahas :


  • Bacaan Niat Shalat Tahajud
  • Tata Cara Shalat Tahajud
  • Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud
Ya itulah tiga pembahasan yang akan kami kupas tuntas pada artikel kali ini.

Perintah Pelaksanaan Shalat Tahajud di Dalam Al-Qur'an


Ada banyak sekali perintah-printah atau Firman-firman Allah swt yang menyebutkan tentang pelaksanaan shalat malam tahajud ini, diantaranya adalah :

Salah disebutkan didalam Al-Qur'an Surah Al-Isra' ayat 79-80 ,yang artinya :

 “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku)”. (QS Al-Isra [17]: 79-80)

Dalam ayat diatas disebutkan bahwa kita dianjurkan melakukan shalat tahajud pada sebagian malam kita yang akan menjadikan ibdahan tambahan untuk kita dengan penuh harapan Allah swt akan mengangkat derajat kita ketempat yang terpuji.

Bacaan Niat Shalat Tahajud Tulisan Arab dan Latin

bacaan niat shalat tahajud


Niat adalah sesuatu yang dasar pokok di setiap ibadah yang akan kita laksanakan. Oleh karenanya kita perlu sekali memperhatikan niat kita sebelum melaksanakan suatu ibadah. Jika niat, kita bangun dengan baik dalam hati dengan tujuan mengharap Ridho Allah swt niscaya ibadah kita akan sempurna.

Berikut adalah bacaan niat shalat tahajud dalam tulisan arab dan latin :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya : Aku niat shalat tahajud dua rakaan karena Allah ta'ala

Dalam melafalkan niat kita perlu menselaraskan fikiran dan hati kita dengan satu tujuan yaitu beribadah hanya untuk Allah swt hanya mengharap ridha Allah swt agar shalat kita atau ibadah kita bisa terlaksana dengan kusyuk dan sempurna.

Baca Juga :
Bacaan niat puasa senin kamis
Tata cara shalat sunnah hajat lengkap

Tata Cara Shalat Tahajud

tata cara shalat tahajud lengkap


Dalam pelaksanaannya gerakan gerakan shalat tahajud tidak lah berbeda dengan gerakan shalat wajib ataupun shalat sunnah lainnya. Dan untuk rakaat yang di kerjakan adalah paling sedikit dua rakaat.
Berdasarkan hadist Rasulullah saw melaksanakan shalat tahajud dengan rakaat sebanyak 13, yakni 12 rakaat shalat tahajud dan 1 rakaat shalat witir.

Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

Untuk waktu pelakasaannya adalah lebih utama dilakukan di sepertiga malam terakhir. Shalat tahajud dilaksanakan setelah bangun tidur walaupun tidurnya hanya sesaat.

Berikut adalah rangkaian-rangkain pelaksanaan shalat tahajud.

Rakaat pertama :
  • Mengucap niat shalat tahajud
  • Takbiratul ihram
  • membaca doa iftitah
  • membaca surah Al-Fatihah
  • Membaca surah pendek/panjang Al-Qur'an
  • Rukuk dengan tuma'ninah dan membaca doa rukuk
  • I'tidal dengan tuma'ninah dan membaca doa i'tidal
  • Sujud dengan tuma'ninah dan membaca doa sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah
  • Berdiri kembali dan lanjutkan dengan rakaat kedua

Rakaat kedua :
  • Membaca surah Al-fatihah
  • Membaca surah pendek/panjang Al-Qur'an
  • Rukuk dengan tuma'ninah dan membaca doa rukuk
  • I'tidal dengan tuma'ninah dan membaca doa i'tidal
  • Sujud pertama dengan tuma'ninah dan membaca sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah dan membaca doa sujud
  • Duduk tasyahud akhir
  • Salam (mengucap salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri)

Bacaan doa setelah shalat tahajud

bacaan doa setelah shalat tahajud


Sebagaimana diajarkan Rasulullah saw setelah melakukan shalat kita dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah swt. Berdoa bertujuan memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah. Sebagaiaman telah difirmankan Allah swt dalam Al-Qur'an surah Al-Ahza ayat 41-42 :

 (یٰۤاَیُّہَاالَّذِیۡنَ اٰمَنُوا اذۡکُرُوا اللّٰہَ ذِکۡرًا کَثِیۡرًا (٤١
     وَّ سَبِّحُوۡہُ بُکۡرَۃً وَّ اَصِیۡلًا(٤٢

Artinya : 
Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (ayat 41).
“Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang” (ayat 42)

Dari penjelasan firman Allah swt diatas, kita dianjurkan untuk senantiasa berdzikir dan berdoa sebanyak-banyaknya diwaktu pagi dan petang, agar mendapat pertolongan dan senantiasa diberikan petunjuk Oleh Allah swt.

Berikut adalah bacaan doa setelah melaksanakan shalat tahajud lengkap dengan artinya :

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya :

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca Juga :
Doa mohon kesembuhan untuk menjenguk orang sakit
Cara Allah swt mengabulkan setiap doa hambanya

Bacaan doa diatas adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan shalat tahajud. seusai teman-teman membaca doa diatas kalian juga bisa menambahkan doa-doa atau permohonan yang kalian inginkan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai tatacara shalat tahajud lengkap semoga bermanfaat untuk kita semua dan kita senantiasa diberi kemudahan untuk melaksanakannya.

0 komentar