Sholat sunnah hajat : pengertian, waktu pelaksanaan, Bacaan niat, dan tata cara pelaksanaannya lengkap

Sholat sunnah hajat : pengertian, dasar hukum/hadits,waktu pelaksanaan, Bacaan niat, dan tata cara pelaksanaannya lengkap dalam bahasa arab dan latin beserta artinya.
tata cara shalat sunnah hajat

Shalat sunnah hajat- Shalat sunnah hajat merupakan shalat sunnah yang dilakukan seorang muslim saat memiliki sebuah hajat tertentu dan ingin dipenuhi hajatnya oleh Allah swt.

Shalat hajat biasanya dilakukan antara 2-12 rakaat dengan salam disetiap dua rakaat. Shalat ini dilakukan dengan tujuan agar hajat atau keinginan-nya dikabulkan oleh Allah swt.

Waktu pelaksanaan sholat hajat

Waktu pelaksanaan shalat hajat dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk sholat. Akan tetapi waktu yang paling baik adalah sepertiga malam yang terakhir (antara pukul 01:00 WIB dan menjelang subuh) atau setiap usai shalat fardu.  Shalat hajat dilakukan beberapa kali, biasanya sampai 7 hari berturut-turut.

Dasar hukum pelaksanaan sholat hajat
Adapun hadits yang menerangkan tentang perintah untuk melaksanakan shalat hajat ialah :

"Barang siapa yang memiliki hajat (kebutuhan) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak cucu adam, maka wudhu lah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan shalawat kepada Nabi. Setelah itu mengucapkan "Laaillaha illalloh halimul kariimu, subhaana .....(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majjah)

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Hajat


Dalam pelaksanaannya, shalat hajat dilakukan dengan dua rakaat dan diakhiri 1 salam. Minimal dikerjakan dengan 2 rakaat 1 salam dan maksimal dikerjakan sebanyak 12 rakaat dengan salam disetiap 2 rakaatnya.


Dalam proses pengerjaannya sama seperti halnya sholat pada umumnya hanya saja ada beberapa bacaan khusus didalamnya dan niatnya yang berbeda.
Berikut ini urutan tata cara pelaksanaan shalat hajat :

1. Niat
Untuk bacaan niat sholat hajat, sebagai berikut:

Bacaan niat sholat hajat



اُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَا خَةِرَكْعَتَيْنِ لِلَّه تَعَالَى


ushollii sunnatal khajaji rak'ataini lillahita'aala

Artinya : Aku berniat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah ta'alaa

2.Takbiratul ikhram
3. Membaca surat Al-Fatihah
4. Membaca surah-surah pendek. Dianjurkan untuk membaca surah Al-kafiru pada rakaat pertama sebanyak 10x minimal 3x, atau ayat kursi dibaca sebanyak 3x, dan pada rakaat keduanya membaca ayat kursi (1x) lalu membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 10x.
5. Ruku'
6. I'tidal
7. Sujud
8. Duduk diantara dua sujud
9. Sujud
10. Salam

Catatan :
Jika melakukan sholat dua rakaat, maka di rakaat kedua sebelum salam sujud kembali dan membaca doa dibawah ini, begitu pula jika sholat dilakukan sebanyak 6 rakaat. Pada rakaat terakhir sebelum salam sujud kembali dan membaca doa.

Berikut doa yang hahrus dibaca :

1. Tasbih (10x)

Subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar

2. Sholawat (10x)

Allahumma shali 'ala sayyidina muhammad, wa'ala 'ali sayyidina muhammad.

3.Doa mohon ampun (10)

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti khasanah waqina 'adzabannar.

4. Setelah membaca doa diatas barulah. mintakan apa yang kau jadikan hajat dengan bersungguh dan penuh keyakinan, kemudian bangkit dari sujud sambil bertasbih, kemudian salam.


Demikianlah penjelasan lengkap mengenai sholat hajat, semoga bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.

0 komentar