5 Cara mengobati rindu kepada orang tua yang telah meninggal dunia | kajian islami

5 Cara mengobati rindu kepada orang tua yang telah meninggal dunia - Kita sebagai manusia pasti akan merasakan yang namanya rindu, ketika ditinggal seseorang yang dicintai.

Jika, seseorang yang kita sayangi seperti orang tua meninggalkan kita karena suatu pekerjaan kita masih bisa mengobati rindu kita dengan cara menelfonnya atau menemuinya.

Namun, bagaimana cara kita mengobati rindu jika orang yang kita sayangi, orang tua kita itu meninggalkan kita karena telah wafat/meninggal dunia?
Berikut ini, lima cara mengobati rindu pada orang tua yang telah meninggal dunia!

5 Cara mengobati rindu kepada orang tua yang telah meninggal dunia | kajian islami

5 Cara mengobati rindu kepada orang tua yang telah meninggal dunia 


1. Mengirimkan Doa

Bacakan doa yang telah diajarkan Rasulullah saw :

"ALLAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU, WA'AFIHI WA'FU 'ANHU"

Artinya : YA allah, ampunilah dia,sayangilah dia dan maafkan kesalahan-kesalahannya.


Bisa juga baca doa berikut :

"ALLAHUMMAGHFRLI WALIWALIDAYYA WARHAMHUMA KAMAA ROBBAYAANII SOGHIIRAA"

Artinya : Ya allah, ampunialah aku dan kedua orang tuaku , sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.

“Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen.). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud no. 5142 dan Ibnu Majah no. 3664. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban, Al-Hakim, juga disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

2. Membaca Al-Qur'an

Dalam hal ini apabila tak sanggup 1x khatam qur'an maka baca hatinya Al-Qu'an (Surat Yasin), Jika masih tak sanggup hatinya Qur'an bacakan ummul Qur'an (surah Al-fatihah).

“Jantungnya Al-Quran adalah surat Yaasiin. Tidak seorang yang mencintai Allah dan negeri akhirat membacanya kecuali dosa-dosanya diampuni. Bacakanlah (Yaasiin) atas orang-orang mati di antara kalian.” (ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

3. Ziarah ke makamnya

Ziarah dengan maksud : mengingatkan kita kepada kematian, hati akan lembut, air mata kan menetes agar tak terlalu mencintai dunia.

4. Menyambung silaturahmi

Menyambung silaturahmi artinya menjaga hubungan baik dengan kawan, saudara-saudara almarhum.

“Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya.” (HR. Muslim no. 2552)

5. Bersedekah

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma : Bahwasanya ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , “Sesungguhnya ibuku meninggal dunia secara tiba-tiba (dan tidak memberikan wasiat), dan aku mengira jika ia bisa berbicara maka ia akan bersedekah, maka apakah ia memperoleh pahala jika aku bersedekah atas namanya (dan aku pun mendapatkan pahala)? Beliau menjawab, “Ya, (maka bersedekahlah untuknya).” [HR. Bukhari]

Itulah 5 cara untuk mengobati rasa rindu kita kepada orang tua yang telah meninggal dunia dan kelima cara diatas juga adalah suatu bentuk kebaktian kita kepada orang tua kita.


0 komentar