3 cara Allah mengabulkan doa kepada setiap hambanya | santrionline

apakah doa itu pasti terkabul ? allah berjanji akan mengabulkan setiap doa dari hambanya, allah malu jika tidak mengabulkan doa hambanya. cara Allah mengabulkan doa hambanya melalui tiga cara, pertama dikabulkannya secara lansung, kedua menunda doanya, dan yang ketiga menggantinya dengan yang lebih baik.
3 Cara Allah mengabulkan doa hambanya

3 cara Allah mengabulkan doa kepada setiap hambanya-Doa merupakan permohonan seorang hambanya kepada tuhannya dengan penuh rendah hati untuk mendapatkan kebaikan, kemudahan atau hal lainnya.

Berdoa merupakan salah satu bentuk kedekatan kita kepada Allah subhanhu wata'ala, sebab dialah yang maha kuasa yang maha memiliki segalanya, jadi sudah sepantasnya kita hanya memohon pertolongan kepadanya.

Dan dalam menjawab setiap doa dari hambanya, Allah memiliki tiga cara, Bagaimanakah cara Allah menjawab doa-doa hambanya ? mari kita simak uraian dibawah ini !

3 cara Allah mengabulkan doa kepada setiap hambanya

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Allah swt mengabulkan doa hambanya melalui tiga cara.
hadits tersebut berbunyi sebagai berikut :

 Abu Sa’id Radhiallahu ‘Anhu berkata,  “ Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “ Tidak ada seorang pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara, [1] Baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia atau, [2] Dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat, atau [3] Dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya”, ...............
(HR. Ahmad dengan sanad Jayyid)

Hadist diatas menerangkan bahwa tiga cara Allah mengabulkan doa, antara lain dengan cara disegerakan atau langsung,atau dengan cara menundanya atau dengan menggantinya guna menjauhkannya dari keburukan.

1. Allah mengabulkan doa secara langsung

Cara Allah yang pertama dalam mengabulkan doa yaitu secara langsung. Misalnya, seorang siswa tidak mampu memohon agar dapat kuliah, dan berkat usahanya Allah memudahkan jalannya sehingga ia dapat kuliah.

2. Allah menunda menunggu waktu yang tepat untuk mengabulkan doa

Dalam hal ini artinya Allah menunda untuk mengabulkan doa dengan batasan waktu yang tertentu. Bisa dikatakan Allah menunggu waktu yang tepat untuk mengabulkan doa tersebut. Misalnya, ketika ditahun ini kita berdoa memohon untuk dilancarkan usahanya namun, tak diduga Allah swt menundanya dan baru mengabulkan doa kita tahun berikutnya.

hal ini mungkin saja terjadi, Sebab Allah subhanahu wata'ala lebih mengetahui mana yang lebih kita butuhkan. Bisa juga Allah menundanya untuk tidak dikabulkan didunia melainkan akan dikabulkan diakhirat kelak. Intinya Allah akan menjawab dan mengabulkan doa kita, oleh karenanya kita jangan berputus asa dalam berdoa.

3. Allah menggantinya dengan suatu hal yang lebih baik

Cara Allah yang ketiga ini, menunjukkan bahwa Allah subhanahu wata'ala lebih mengetahui mana yang lebih baik untuk kita dan mana yang dapat memperburuk kita. Oleh sebab itu, apabila kita mendapati doa kita yang kita tidak terkabul kita tak boleh berburuk sangka kepada Allah.

Kita perlu memperhatikan dan merenungkan kembali doa kita dan apa yang telah kita dapati, mungkin saja tanpa kita sadari Allah telah menjawab doa kita dengan cara menggantinya dengan suatu hal yang lebih baik.

Kita sebagai manusia dan seorang hamba hanya dapat merencanakan sesuatu, Namun yang menentukan adalah Allah subhanahu wata'ala. Jangan sekali-kali kita berburuk sangka kepada Allah dengan mengatakan Allah tidak adil atau Allah tidak sayang. Justru karena Allah itu adil dan sayang kepada kita maka kita ditunjuki dan diarahkan kejalan yang benar.

Baca Juga :
Dzikir mohon perlindungan ketika lewat tempat angkerDoa berbuka puasa lengkap

Demikianlah pembahasan mengenai cara Allah menjawab doa setiap hambanya, semoga kita dapat memahaminya dan senantiasa ditunjuki jalan yang benar oleh Allah subhanahu wata'ala.



0 komentar