Bacaan Niat Doa Tata Cara Waktu Buka Puasa Sunnah Senin Kamis


Niat Doa Tata Cara Waktu Buka Puasa Sunnah Senin Kamis- Banyak sekali kita temukan dimedia-media,seperti youtube, web site atau yang lain yang membahas tentang puasa senin kamis. Banyak sekali yang membahas terkait keutamaan-keutamaan dari puasa sunnah senin kamis ini.

Jarang sekali mereka yang membahas terkait tatacara puasa sunnah senin kamis ini. Ada banyak sekali puasa-puasa sunnah yang diajarkan Rasulullah saw, diantaranya ialah puasa senin kamis ini. Lalu, apakah alasan Rasulullah saw menyukai puasa di hari senin dan kamis ini ?

"Rasulullah saw Bersadba : "Amal-amal mannusia diperiksa pada hari senin dan hari kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan puasa."(HR. AT-TIRMIDZI)

Baca Juga : Bacaan doa mohon barokah dibulan rajab

dari hadis diatas jelas sekali alasan dari pada Rasulullah saw senang berpuasa di hari senin dan kamis ialah kedua hari tersebut merupakan hari dimana amal-amal menusia diperiksa Allah swt. Ternya Rasulullah saw begitu memuliakan kedua hari ini, kita selaku umatnya sudah sewajarnya mengikuti sunnah-sunnahnya.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas terkait bacaan doa niat dan buka puasa sunnah senin kamis dan penjelasan singkat mengenai tata cara puasa sunnah ini.

Tata Cara Puasa Sunnah Senin Kamis

1. Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin kamis

Bacaan niat puasa hari senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa'ala


Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala

Bacaan niat puasa hari kamis
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala


Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala.

2. Waktu Puasa

Untuk waktu puasa tidak lah berbeda dengan pada puasa-puasa lainnya, yaitu sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

3. Makan Sahur

Makan sahur dalam berpuasa merupakan sunnah yang diharuskan oleh Rasulullah saw, sebab makan sahur ini terdapat banyak keberkahan dan juga memiliki manfaat penting yakni menjaga ketahanan tubuh agar tetap stabil saat menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

Dijelaskan dalam riwayat Bukhari dan Muslim ;
"Bersahurlah kamu sekalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat barakah".(HR BUKHARI DAN MUSLIM)

4. Menghindari perkara yang membatalkan puasa

Disaat kita berpuasa kita diperintahkan untuk menghindari segala sesuatu yang menjadi sebab batalnya puasa. Oleh karenanya, kita perlu memahami betul hal apa saja yang menyebabkan batalnya puasa. Berikut adalah hal-hal yang menjadi sebab batalnya puasa :


  1. Makan dan Minum dengan sengaja
  2. Masukan sesutu kelubang yang berkesinambungan dengan lambung dengan sengaja
  3. Muntah dengan sengaja
  4. Berhubungan intim dengan istri disiang hari(diwaktu puasa)
  5. Keluarnya air mani dengan sengaja.
  6. Haid dan Nifas
  7. Gila
  8. Murtad
5. Buka puasa


Buka puasa merupakan rangkaian akhir dari pada  puasa dan merupakan sunnah puasa yang harus disegerakan apabila memang telah tiba waktunya. Yaitu, waktu magrib atau telah terbenamnya matahari.

Dalam berbuka kita juga dianjurkan untuk membaca doa buka puasa. Berikut ini adalah bacaan daripada doa buka puasa.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya : 
"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam berpuas tentunya banyak sekali hal perlu kita perhatiakan agar mendapati sempurnanya puasa. sungguh kenikmatan yang luar biasa bagi kita yang mampu menjalankan puasa. Semoga dengan ini kita menjadi insan yang gemar menjalankan sunah-sunah Rasulullah saw.

0 komentar