Doa Mohon kesembuhan Untuk Mendoakan Menjenguk Orang sakit

Mohon kesembuhan Doa Untuk Mendoakan Menjenguk Orang sakit


Mohon kesembuhan Doa Untuk Mendoakan Menjenguk Orang sakit-Menjenguk dan mendoakan kesembuhan orang sakit adalah kewajiban kita sebagai umat islam. Menjenguk dan mendoakan kesembuhan orang yang sedang sakit merupakan suatu perbuatan yang amat mulia. Terlebih itu adalah orang terdekat kita, saudara, tetangga bahkan musuh kita sekalipun.

Perbuatan mulia ini, merupakan perbuatan wajib dan suatu hak seorang muslim terhadap muslim lainnya.

doa menjenguk orang sakit


Rasulullah Saw bersabda :

"Apabila seseorang menjenguk saudaranya muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) ia sedang berjalan sambil memetik buah-buahan syurga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba,."(Hr.at-Tirmidzi, Ibnu maja dan Imam Ahmad dengan sanad sahih).

Baca Juga : Bacaan shalawat thibbil qulub

Sungguh luarbiasa penghargaan yang Allah janjikan kepada hambanya yang melakukan perbuatan mulia tersebut. Bahkan terdapat salah satu keterangan menyatakan "sesungguhnya pertolongan Allah akan senantiasa diberikan kepada hambanya , jika seorang hamba tersebut selalu memberi pertolongan kepada saudaranya."

Pertolongan yang dimaksud diatas tidaklah selalu dengan materi, pertolongan yang dimaksud bisa dengan sumbang fikiran ataupun dengan mendoakannya. Jika, seorang tersebut sedang sakit maka bantulah orang tersebut, jika pun anda tak memiliki harta atau materi untuk membantunya maka bantulah ia dengan berdoa memohon kesembuhan untuk orang tersebut, sesungguh dengan demikian kita sudah sangat membantunya.

Saat ini dunia telah digemparkan oleh virus mematikan yaitu virus corona/covid-19 yang telah menelan ribuan korban jiwa. Berikut adalah doa yang diajarkan dalam islam untuk memohon kesembuhan bagi orang sakit yang dibaca Rasulullah saw yang diriwayatkan dalam Bukhari Dan Muslim dari Aisyah RA

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya : Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena engkau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,"(Lihat,Imam an-Nawawi ,Al-Adzkar, ,[Damaskus: Darul Mallah 1971 M/1391 H], Halaman 113)

Baca Juga : Doa ketika melewati tempat angker

Perbuatan mulia sepertini alangkah baik apabila disegerakan dalam pelaksanaannya. Sebab, terdapat sebuah hikmah yang terkandung didalamnya. Dengan kehadiran seseorang yang menjenguk orang sakit setidaknya memberikan dampak positif, yang dapat membangkitakan semangat untuk hidup sehat kembali bagi yang sedang menderita sakit.

Menjadi suatu kewajiban bagi yang sehat untuk terus mengingatkan kepada yang sakit, untuk selalu yakin kepada Allah dan bahwa Allah akan memberikan kesehatan kepadanya.

Demikianlah penjelasan mengenai doa untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sakit. Semoga dapat menambah pengetahuan sehingga dapat meningkatkan ibadah dan kepedulian kita terhadap sesama muslim. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan!

0 komentar