Malaikat Yang Bertugas Pada Shalat Jum'at | Pengetahuan Islam


berikut ini adalah tugas-tugas malaikat yang diberikan Allah swt disaat shalat jum'at.
Malaikat Yang Bertugas Pada Shalat Jum'at - Malaikat ialah makhluk cipataan Allah swt yang ditugaskan untuk menjalankan perintah-perintah Allah swt. Dikatakan dalam suatu hadits yang artinya :

"Malaikat dijadikan daripada cahaya, jin dijadikan daripada api dan manusia dijadikan daripada apa yang telah disifatkan untuk kamu."
(yakni manusia asal atau Adam a.s dijadikan dari tanah, kemudian keturunannya dijadikan daripada air mani dan seterusnya lihat dalam surah Al-Mu'minun, As-Sajdah dll).

Kita sebagai umat islam diwajib kan untuk mengimani Adanya Malaikat ini, sebagaimana diajarkan dalam Hukum Syari'at Islam telah digariskan Rukun Iman yang enam, yakni pondasi atau dasar dari kepercayaan dan aqidah yang wajib dipercayai manusia.


Adapun malaikat-malaikat Allah swt yang disebutkan didalam Al-Qur'an, kita ketahui ada 10 malaikat :

  1. Jibril a.a
  2. Mikail a.s
  3. Izrail/Malakulmaut a.s
  4. Israfil a.s
  5. Mungkar a.s
  6. Nakir a.s
  7. Penulis kanan/Kiraman a.s
  8. Penulis Kiri/Katibin a.s
  9. Ridwan a.s
  10. Malik a.s
Dan selain dari yang disebutkan diatas, masih ada beberapa malaikat lagi yang disebutkan didalam Al-qur'an.

1. Delapan malaikat yang senantiasa memikul dan menjaga Singgasan (arsy) kepunyaan Allah swt.
2. Malaikat yang bertugas senantiasa berada disekitas arsy tersebut, senantiasa terus-menerus bertasbih memuji-muji Tuhan Mereka.
3. Malaikat yang bertugas memelihara dan menjaga manusia seidzin Allah.
4. Malikat yang diserahi urusan-urusan alam ini.

Malaikat yang bertugas saat shalat jum'at

Diterangkan dalam sebuah hadist bahwa pada tiap-tiap Jum'at ada malaikat-malaikat yang berdoa memohonkan ampun bagi :

1. Orang-orang yang menghadiri Shalat Jum'at memakai sorban
2. Orang-orang yang membaca surat Al Imran pada hari Jum'at.

Dan terdapat pula malaikat yang bertugas menulis daftar hadir pada tiap-tiap pintu masjid, mencatat orang-orang yang masuk sebelum adzan, bila mulai adzan mereka menutup buku catatan itu dan orang-orang yang datang terlambat  tidak masuk dalam buku catatan itu.


(اِنَّ اللَّه وَمَلَا ءِكَتَهُ يُصَلُوْنَ عَلَى اَصْحَابِ الْعَمَائِمِ يَوْمَ الْجُمْعَةَ.(رواه اطبرانى عن ابى الدرداء
Artinya :
Sesungguhnya Allah dan malaikatnya memberi rahmat dan memohonkan ampun atas orang-orang yang memakai sorban (pada ketika menghadiri shalat jum'ah) pada hari jum'at. (H.R Ath-Thabrani dari Abi Darda)

(مَنْ قَرَاَسُوْرَةَآلِ عِمْرَانَيد يَوْمَ الْجُمْعَةِصَلَّتْ عَلَيْهِ اْلمَلَاءِكَةُإِلَى اللَّيْلِ.(رواه الدارمى عن مكحول
Artinya :
Barang siapa membaca surah Ali Imran pada hari jum'at malaikat memohonkan ampun untuk dia, hingga malam. (H.R Ad-Darami dari Makhul)

Dan hadist yang terakhir datang dari H.R Bukhari Muslim, yang artinya :

"Apabila pada hari jumat terdapat pada tiap-tiap pintu masjid malaikat-malaikat yang menuliskan kehadiran orang-orang menurut saat datangnya yang terdahulu dan berikutnya. Maka apabila duduklah khatib diatas mimbar merekapun menutup buku- buku itu dan datang menghadiri/mendengarkan khutbah. Dan peumpamaan orang datang ke mesjid pagi-pagi benar adalah seperti pahala orang yang berhadiah seekor sapi, kemudian seperti orang-orang yang berhadiah seekor domba, kemudian seperti orang yang berhadiah seekor ayam, dan seterusnya seperti pahala orang yang berhadiah sebiji telor. (H.R BUKHARI MUSLIM)

Demikian pembahasan mengenai malaikat yang bertugas saat shalat jum'at semoga dapat mengispirasi kita dan semakin semangat dalam menjalankan perintah-perintah Allah swt.

0 komentar