Ini dia Bacaan Niat Puasa Rajab Dalam Bahasa Arab,Latin beserta Artinya

Bacaan Niat Puasa Rajab-Bulan rajab sudah didepan mata, bulan mulia yang termasuk diantara empat bulan haram dalam islam. Dianjurkan dibulan mulia ini untuk melakukan amalan-amalan khusus seperti puasa.

Terdapat sebuah riwayat yang menjelaskan mengenai puasa bulan Rajab.

Aku bertanya pada Sa’id bin Jubair tentang puasa Rajab dan kami saat itu sedang berada di bulan Rajab, maka ia menjawab:

Aku mendengar Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berpuasa sampai kami berkata nampaknya beliau akan berpuasa seluruh bulan.

Namun suatu saat beliau tidak berpuasa sampai kami berkata : Nampaknya beliau tidak akan puasa sebulan penuh.” (HR. Muslim dalam kitab Ash Shiyam. An Nawawi membawakannya dalam Bab Puasa Nabi Muhammad SAW di selain bulan Ramadhan).

Dari riwayat diatas disebutkan oleh sahabat bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa banyak sekali di bulan rajab.

Memang dari hadits diatas tidak diperintah kan bagi kita untuk berpuasa dibulan rajab. Akan tetapi, bentuk-bentuk sunnah nabi tidaklah hanya yang diperintahkan, melainkan kita disunnahkan untuk mengikuti perilaku dan apa yang dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Jadi, kesimpulannya sunnah nabi adalah segala yang dikerjakan oleh nabi shalallahu 'alaihi wa sallam. Maka lakukanlah amalan-amalan baik di bulan rajab ini.

Baca Juga :
Bulan Rajab adalah Bulan Haram|Kenapa Rajab Dikatakan Bulan Haram ?

Adapun Niat berpuasa dibulan Rajab adalah sebagai berikut :


Bacaan Niat Puasa Rajab

Seperti puasa pada umumnya, syarat utama melakukan puasa adalah adanya niat. Akan tetapi, niat puasa sunnah tidak diaharuskan dilakukan pada malam hari, berbeda dengan niat puasa Ramadhan yang harus dilakukan pada malam hari.

Jadi,sekalipun niat puasa rajab dilakukan setelah usai shalat subuh asalkan ia belum memasukkan sesuatu kelubang tubuhnya atau belum makan dan minum maka masih diperbolehkan. Akan tetapi, akan lebih baik jika niat kita untuk kebaikan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak menundanya.

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Rajab :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa.

Artinya : "Aku berniat puasa dibulan rajab sunnah karena Allah ta'ala"

Adapun doa buka puasa rajab ,tidaklah berbeda dengan puasa lainnya.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَ بِكَ آمَنْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اغْفِرْلِىيْ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَعَانَنِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ

"(Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu) dianjurkan menambahkan lafal, wa bika mantu, wa bika wa'alaika tawakkaltu. Dzahabaz zhama'u, wabtallatil 'uruqu, wa tsabatal ajru, insy Allah. Ya wasi'al fadhli, ighfir li. Alhamdulillahil ladzi hadani fa shumtu, wa razaqani fa afthartu."

Artinya :

"Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap."

Itulah bacaan niat puasa dan doa buka puasa rajab yang dilengkapi dengan tulisan Latin dan artinya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mengamalkan.

0 komentar