Doa Ketika Melewati Kuburan Sesuai ajaran Nabi Muhammad s.a.w


Doa Ketika Melewati Kuburan- Sebagai umat muslim seharusnya kita mengetahui akan hal ini. Kita setiap kali melintasi kuburan atau memasuki area kuburan dianjurkan untuk mengucapkan salam sebagai mana yang telah diajarkan oleh Rasullullah s.a.w.
Lalu, bagaimanakah ucapan salam yang dimaksud tersebut ? apakah sama seperti ucapan salam ketika hendak masuk rumah ? Tentu jawabannya berbeda, sebab disini yang kita berikan salam bukanlah orang hidup melainkan orang-orang yang telah meninggal dunia.
Berikut ini adalah ucapan salam ketika melintasi atau memasuki area kuburan !

Baca Juga :
Doa agar terhindar dari fitnah dan kejahatan manusia
Doa ketika sedanga dalam kesulitan hidup

Abu Hurairah r.a menceritakan bahwa : Abu Razin menanya Rasulullah s.a.w : "Pada waktu saya berjalan melewati kuburan, apa yang sebaiknya saya lakukan ?" jawab Nabi s.a.w ucapkan lah :


اَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ يَااَهْلَ الْقُبُوْرِمِنَ الْمُسْلِمِيْنَ والْمُؤْمِنِيْنَ اَنْتُمْ لَنَا سَلَفٌ وَنَحْنُ لَكُمْ تَبَعٌ وَاِنَّااِنْ شَاءَاللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ


Artinya : Semoga selamat  sejahtera atas kamu wahai ahli kubur dari golongan kaum muslimin dan mu'minin, kamu orang-orang yang mendahului kami sedangkan kami nanti mengikuti kamu dan kami dengan izin Tuhan akan mendapatkanmu.

Apakah mereka mendengar ? tanya Abu Razin,jawab Nabi s.a.w Mereka sebenarnya mendengar akan tetapi tak dapat menjawab sebagai jawaban orang hidup. Kemudian Nabi s.a.w Selanjutnya berkata : Apakah engkau ridla wahai Abu Razin, bahwa malaikat menjawab salam engkau sebanyak bilangan orang-orang mati ?

Demikian maksud hadist yang diriwayatkan oleh Uqaili dar Abu Hurairah r.a malah menurut riwayat Ibnu Abiddunya dan Baihaqi dari Muhammad bin Wasi', ia berkata : orang menyampaikan kepadaku bahwa orang-orang mati itu kenal kepada orang-orang yang datang menziarahi mereka pada hari Jum'at dan sehari sebelum dan sesudahnya. Wallahu a'lam....

Demikian lah pembahasan mengenai bacaan doa/salam ketika melintasi atau memasuki area pemakaman atau kuburan. Semoga bermanfaat dan kita senantiasa dapat mengamalkannya.


0 komentar