Ini dia Bacaan Niat Qadha' Puasa Ramadhan Lengkap dan dengan Artinya

Bacaan Niat Qadha' Puasa Ramadhan-Bulan Rajab telah tiba itu menandakan akan segera datang bulan yang umat muslim nantikan,yakni bulan suci Ramadhan. Sebelum kita memasuki bulan suci ini sebaiknya kita melunasi hutang puasa ditahun lalu yang belum terbayarkan.

Seperti yang dijelaskan di pembahasan sebelumnya qadha' puasa ramadhan adalah wajib hukumnya dan dilakukan hingga batas waktu sebelum memasuki ramadhan berikutnya. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan klik disini.

bacaan niat qadha' puasa ramadhan lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan beserta Artinya.
Baca Juga :
Kewajiban Qadha' puasa dan membayar fidyah bagi yang meninggalkan puasa Ramadhan

Syarat puasa qadha' ini sama seperti puasa di bulan ramadhan, salah satunya yakni harus memiliki niat. Niatnya sedikit berbeda dengan puasa saat bulan ramadhan, akan tetapi waktu pelaksanaannya sama yakni diwaktu malam hari. Niat yang sesungguhnya adalah kesungguhan dan kemauan kita didalam hati berniat ikhlas untuk melakukan suatu ibadah karena Allah subhanahu wata'ala.

Oleh karena itu, kita juga perlu menuntun hati, lisan dan fikiran kita agar selaras berniat karena Allah swt. dengan cara mengucapkan lafadz bacaan niat suatu ibadah tersebut. Pada pembahasan kali ini kami akan membagikan kepada teman-teman bacaan niat qadha' puasa ramadhan lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan beserta Artinya.


Bacaan Niat Qadha' Puasa Ramadhan

Sempurnanya niat ibadah kita akan mempengaruhi kualitas ibadah kita pula. Sebagaimana hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya :

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Dari hadits diatas dijelaskan bahwasannya amal itu tergantung sesuai dengan niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai dengan niatnya. Nah, artinya jika kita ingin memperoleh kesempurnaan puasa kita maka kita perlu memperbaiki niat kita. Berikut ini bacaan niat puasa Qadha' ramadhan.

َوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA

Artinya : Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala

Itulah lafadz niat puasa Qadha' Ramadhan, semoga bermanfaat dan dapat segera melunasi hutang puasanya sebelum datangnya Ramadhan yang selanjutnya.

0 komentar