Doa ketika sedang dalam kesulitan | doa yang diajarkan Rasulullah saw kepada sayidina ali ketika dalam kesulitan

doa yang diajarkan Rasulullah saw kepada sayidina ali ketika dalam kesulitan

doa yang diajarkan Rasulullah saw kepada sayidina ali ketika dalam kesulitan


Doa Rasulullah yang diajarkan kepada Sayidina Ali ketika dalam kesulitan- Setiap manusia pasti akan mengalami masa-masa sulit dalam kehidupannya. Bahkan Rasulullah saw beserta sahabat-sahabatnya pun mengalami masa sulit dalam kehidupannya semasa hidupnya didunia. Allah swt memberikan cobaan kepada setiap makhluknya berupa kesulitan, musibah ataupun lainnya.

Ini semua dilakukan agar manusia tidak lalai dan senantiasa mengingat Allah swt dan senantiasa memohon pertolongan dan petunjuk Allah swt. Dalam kitab Al-Farj Ba’dasy Syiddah, Ibnu Abi Al-Dunya menyebutkan sebuah riwayat bahwa Nabi Saw pernah mengajari Sayidina Ali sebuah doa yang disuruh baca ketika berada dalam kesulitan dan kesusahan. 

Baca Juga :

Doa tersebut adalah sebagai berikut :

يَا كَائِنًا قَبْلَ كُلِّ شَيْءٍ، وَيَا مُكَوِّنَ كُلِّ شَيْءٍ، وَيَا كَائِنًا بَعْدَ كُلِّ شَيْءٍ، افْعَلْ بِي كَذَا وَكَذَا 

Yaa kaa-inan qobla kulli syai-in, wa yaa mukawwina kulli syai-in, wa kaa-inan ba’da kulli syai-in, if’al bi kadzaa wa kadzaa.

Artinya :

Wahai Dzat yang ada sebelum segala sesuatu ada, wahai Dzat yang mengadakan segala sesuatu, wahai Dzat yang ada setelah segala sesuatu tidak ada, lakukanlah padaku ini dan ini (sebutkan kesulitannya).

Nabi Muhammad saw adalah seorang yang telah diutus Allah swt sebagai seorang Rasul, yang telah dijamin akan masuk syurga dan dimudahkan segala urusannya masih tetap mau berdoa kepada Allah swt ketika beliau sedang berada dalam kesulitan. Jadi, sungguh sangat memalukan sekali kita sebagai manusia biasa yang enggan memohon petunjuk dan pertolongan kepada Allah swt ketika dalam kesulitan hidup.

Baca juga :

Riwayat dimaksud Diatas bersumber dari Muhammad bin Ali, dia berkata;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَّمَ عَلِيًّا دَعْوَةً يَدْعُو بِهَا عِنْدَ مَا أَهَمَّهُ، فَكَانَ عَلِيٌّ يُعَلِّمُهَا وَلَدَهُ: يَا كَائِنًا قَبْلَ كُلِّ شَيْءٍ، وَيَا مُكَوِّنَ كُلِّ شَيْءٍ، وَيَا كَائِنًا بَعْدَ كُلِّ شَيْءٍ، افْعَلْ بِي كَذَا وَكَذَا

Artinya :

Sesungguhnya Nabi Saw mengajari Sayidina Ali sebuah doa yang dibaca ketika ada sesuatu yang menyulitkan dirinya, kemudian Sayidina Ali mengajarkan doa tersebut kepada anaknya.


Doanya yaitu; ‘Yaa kaa-inan qobla kulli syai-in, wa yaa mukawwina kulli syai-in, wa kaa-inan ba’da kulli syai-in, if’al bi kadzaa wa kadzaa..(Wahai Dzat yang ada sebelum segala sesuatu ada, wahai Dzat yang mengadakan segala sesuatu, wahai Dzat yang ada setelah segala sesuatu tidak ada, lakukanlah padaku ini dan ini (sebutkan kesulitannya).

Demikianlah penjelasan mengenai doa yang diajarkan rosulullah saw kepada sayyidina Ali ketika dalam kesulitan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar