Doa Berbuka Puasa Lengkap Beserta Artinya



Doa Buka Puasa- Puasa merupakan amalan umat muslim yang besar pahalanya. Puasa didalam ajaran islam tak hanya puasa wajib dibulan ramadhan saja. Ada banyak jenis-jenis puasa sunnah yang di ajarkan Rasulullah s.a.w, diantaranya puasa senin kamis, puasa nabi daud (sehari puasa sehari tidak), puasa sunnah muharam dan masih banyak lagi.

Puasa dalam artian kompleks/umum adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari. Saat ini kita telah memasuki bulan Rajab, dibulan ini juga di sunnahkan untuk melaksanakan puasa. 

Baca Juga : Bacaan niat qadha' puasa ramadhan

Artinya sebentar lagi kita juga akna memasuki bulan Ramadhan, bulan dimana umat muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan ramadhan. Oleh karenanya perlu bagi kita untuk mengingat kembali doa berbuka puasa.

Baca Juga : Bacaan niat puasa Rajab bahasa arab dan tulisan latin

Doa berbuka puasa ini dibaca ketika waktu buka telah tiba (waktu magrib) sebelum membatalakan puasa kita, guna mensyukuri atas nikmat yang diberikan Allah swt setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Berikut ini adalah bacaan doa berbuka puasa lengkap dalam bahasa arab, latin dan disertai dengan artinya :

Bacaan doa buka puasa lengkap beserta latin dan artinya


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya : 
"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Doa buka diatas adalah doa yang mayoritas  kita baca ketika hendak membatalkan puasa atau berbuka puasa. Terdapat pula doa puasa yang diriwayatkan HR. Abu Daud ra :



ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ
Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah
Artinya:
"Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."
Itulah bacaan doa buka puasa, semoga kita senantiasa diberi kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah puasa secara penuh tanpa halangan. aamiin ....



0 komentar