Manfaat Puasa di 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Manfaat Puasa di 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah-Tak terasa kini kita telah memasuki bulan dzulhijjah bulan dimana setiap amal shaleh yang kita lakukan dilipat gandakan pahalanya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw :
"Tidak ada satu amal shaleh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan pada hari-hari ini (10 hari pertama bulam dzulhijjah)."para sahabat bertanya:"tidak pula jihad di jalan Allah? Nabi Saw menjawab:"Tidak pula jihad di jalan Allah,kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun (mati syahid).

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai manfaat puasa di 10 hari pertama bulan dzulhijjah. Penasaran dengan manfaatnya ? yuk, simak uraian dibawah ini!

Manfaat Puasa di 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

manfaat puasa 10 awal dzulhijjah

Ada beberapa amalan-amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan dzulhijjah yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Namun, tahukah anda manfaat yang tersenbunyi dari setiap harinya di 10 hari awal dzulhijjah ini? Jika belum tahu silahkan baca ulasan dibawah ini sampai dengan selesai!

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu,bahwa Rasulullah Saw bersabda:

1. Hari 1 bulan dzulhijjah

Pada hari ini, hari dimana Allah SWT mengampuni dosanya Nabi Adam as. "Barang siapa berpuasa pada hari tersebut, Allah swt akan mengampuni segala dosanya."

2. Hari 2 bulan dzulhijjah

Pada hari ini, Allah swt mengabulkan doa nabi Yunus as dengan mengeluarkannya dari perut ikan paus."Barang siapa berpuasa pada hari tersebut seolah olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sekejap pun.

3. Hari 3 bulan dzulhijjah

Pada hari ini, Allah swt mengabulkan doa Nabi Zakaria as."Barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allah akan mengabulkan doanya."

4. Hari 4 bulan dzulhijjah

Pada hari ini, Hari dimana Nabi Isa as dilahirkan."Barang siapa berpuasa pada hari tersebut,akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan."

5. Hari 5 bulan dzulhijjah

Pada hari ini, Bertepatan dengan hari lahirnya Nabi Musa as."Barang siapa berpuasa pada hari itu, akan terhindar dari kemunafikan dan azab kubur."

6. Hari 6 bulan dzulhijjah

Hari ke enam ini adalah hari dimana Allah swt membuka pintu kebajikan untuk Nabinya,"Barang siapa berpuasa pada hari itu akan dipandang Allah dengan penuh Rahmat dan tidak akan diadzab."

7. Hari 7 bulan dzulhijjah

Pada hari ini pintu neraka jahanam di tutup dan tidak akan dibuka hingga lewat hari kesepuluh."Barang siapa berpuasa pada hari itu, akan ditutup oleh Allah swt tiga puluh pintu kemelaratan dan kesulitan serta akan dibukakan tiga puluh pintu kesenangan dan kemudahan."

8. Hari 8 bulan dzulhijjah

Hari ini adalah hari Tarwiyah. "Barang siapa yang berpuasa pada hari ini akan memperoleh pahalanya yang tidak diketahui besarnya kecuali Allah swt."

9. Hari 9 bulan dzulhijjah

Hari ke-9 ini adalah hari Arafah."Barang siapa yang berpuasa pada hari ini,akan dihapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."

10. Hari 10 bulan dzulhijjah

Hari kesepuluh adalah hari Raya Idul qurban."Barang siapa yang berqurban pada hari ini, maka pada tetesan pertama darah hewan qurban akan menghapuskan dosanya dan dosa anak istrinya."

Dari ulasaan diatas dijelaskan bahwa puasa hanya dilakukan selam 9 hari. Karena hari ke-10 adalah hari raya Idul adha dan pada hari tersebut tidak diperbolehkan puasa. Namun, pada hari tersebut diperintahkan untuk berqurban.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat puasa  di 10 hari awal bulan dzulhijjah, semoga bermanfaat dan membangkitkan semangat anda yang membaca artikel ini untuk melaksanakan puasa tersebut.

Postingan Tekait :

0 komentar