10 Amalan Sunnah di 10 Hari Sebelum Idul Adha Yang Sangat di Anjurkan Pelaksanaannya

10 amalan sunnah bulan dzulhijjah
Dzulhijjah-Dzulhijjah merupakan bulan ke-12 dan terakhir dari penanggalan hijriyah. Umat islam berbeda pendapat dalam menentukan tanggal pertama dzulhijjah.

Ada yang menggunakan hisab, rukyah, maupun mengikuti penetapan awal Dzulhijjah di Arab Saudi. Bulan Dzulhijjah bisa dikatakan juga bulan haji kareana, didalam bulan ini terdapat kegiatan haji.

Didalam bulan ini terdapat keutamaan-keutamaan disisi Allah, hari-hari dibulan ini segala amalan di lipatgandakan pahalanya. Yuk,ketahui amalan apa saja yang dianjurkan untuk di laksanakan pada bulah ini!

 

Amalan Sebelum Idul Adha

1. Puasa Arafah

Puasa arafah ini dilakukan pada tanggal 9 dzulhijjah.
Dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Raasulullah Saw bersaba:"Puasa Arafah (9 dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyuro (10 muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.(HR.MUSLIM)
2. Mengucapkan Tahlil, Tahmid dan Takbir

Para ulama menganjurkan untuk memperbanyak bacaan Takbir, Tahlil dan Tahmid.
Tidaklah ada hari yang lebih mulia disisi Allah SWT, dan amal-amaln shalih didalamnya lebih dicintainya dibanding amal-amal shalih di 10 hari pertama dzulhijjah. Oleh karena itu perbanyaklah mengucap tahlih, tahmid dan takbir. (HR.At-Thabbrani)

3. Bertaubat

Layaknya bulan Ramadhan, awal bulan ini menjadikan kesempatan besar untuk kita bertaubat kepada Allah Swt. Bertaubat pada awal bulan tersebut merupakan moment yang tepat untuk memporelah ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

4. Berdzikir 

Berdzikir merupakan salah satu amal shaleh,dan setiap amalan yang kita lakukan di bulan Dzulhijjah maka, pahalanya akan dilipat gandakan.

5. Melaksanakan Haji

Haji merupakan Rukun islam yang kelima, wajib dilakukan bagi orang yang memiliki kemampuan materi maupun fisik. Ibadah haji ini merupakan Ibadah utama dalam bulan Dzulhijjah dan bagi yang melaksanakannya akan memperoleh pahala yang besar.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahhu'anhuma, Rasulullah Saw bersabda:"Ibadah umrah keibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melalinkan syurga."(HR.Bukhari dan Muslim)
6. Berqurban

Pada hari Nahr (10 dzulhijah) dan hari tasyrik disunnahkan untuk melaksanakan ibadah qurban. dan waktu penyembelihan qurban dilaksanakan seusai shalat 'Ied Idul Adha. Sebagaimana ini adalah ajaran nabi Ibrahim a.s.

7. Memperbanyak amal shaleh seperti, shalat-shalat sunnah

Memperbanyak amal shaleh khususnya di 10 hari pertama di bulan dzulhijjah ini sangat besar pahalanya, setiap amal shaleh yang kita lakukan dilipat gandakan pahalanya.

8. Memperbanyak membaca Al-Qur'an

Kita memang dianjurkan untuk selalu membaca Al-Qur'an, tidak hanya saat-saat tertentu saja. Namun, membaca Al-Qur'an di 10 hari pertama di bulan dzulhijjah memiliki keutamaan yang besar. Al-Qur'an pula akan hadir sebagai pembawa syafa'at bagi pembacanya di yaumil akhir kelak.

9. Puasa Tarwiyah (tanggal 8 dzulhijjah)

Puasa tarwiyah adalah merenung atau berfikir. puasa yang dilaksanakan di hari tarwiyah yakni 8 dzulhijjah sebelum hari wukuf. Barang siapa yang berpuasa dihari ini (puasa tarwiyah) maka akan dihapus dosanya satu tahun yang lalu.

10. Mandi sebelum berangkat menunaikan shalat 'ied

"Seorang laki-laki bertanya kepada Ali Radhiyallahuanhuma tentang mandi, ia menjawab :'Mandilah setiap hari jika engkau mau'. lelaki tadi berkata,'bukan itu, tapi mandi yang benar-benar mandi'. Ali menjawab, mandi di hari jumat, idul fitri,idul adha dan hari arafah.(HR.Al- Baihaqi)



Demikianlah pembahasan mengenai 10 amalan sunah di 10 hari sebelum Idul adha, semoga bermanfaat dan kita senantiasa menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah Swt.

0 komentar