5 Jenis Binatang yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran islam | Lebah adalah salah satunya yang dilarang | Berikut penjelesannya

5 Jenis Binatang yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran islam- Allah menciptakan dunia beserta isinya tidaklah dengan sia-sia. Termasuk binatang-binatang yang diciptakan didunia untuk diambil manfaatnya, meski ada sebagian yang diharamkan.

Bahkan dalam ajaran islam terdapat beberapa jenis hewan yang dilarang untuk dibunuh, berikut penjelasannya !

hewan yang tidak boleh dibunuh dalam islam

5 Jenis binatang yang dilarang Rasulullah saw untuk dibunuh ! Lebah adalah salah satunya yang dilarang.

1. Lebah

Alasan mengenai larangan untuk membunuh hewan lebah ini, para ulama berpendapat larangan membunuh lebah ini dikarenakan, lebah itu sendiri dapat menghasilkan madu yang sangat bermanfaat untuk manusia.

Lebih dari itu, lebah juga disebut dalam beberapa ayat al-Qur'an sebagai hewan yang patut dicontoh oleh manusia.

2. Laba-laba

Alasan mengapa laba-laba dilarang untuk dibunuh adalah, sebab laba-laba pernah menolong Rasulullah saw dan Abu Bakar as. saat mereka sedang bersembunyi di dalam gua Tsur dari kerjaran kaum kafir Quraisy. 

Ketika kaum Quraisy ingin mengecek kedalam gua tiba-tiba para laba-laba merapikan kembali sarangnya yang telah rusak oleh Rasulullah dan Abu bakar. Sehingga mengecoh kaum quraisy dan beranggapan bahwa tidak mungkin jika Rasulullah dan Abu bakar berada didalam gua tersebut.

3. Semut

Alasan mengapa Allah melarang keras untuk membunuh hewan kecil ini dikarenakan semut merupakan salah satu hewan yang selalu bertasbih kepada Allah swt.

4. Katak

Larangan untuk membunuh katak ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits, yang menjelaskan bahwa seorang tabib pernah mengungkapkan kepada Rasulullah saw tentang penggunaan katak sebagai campuran untuk membuat ramuan obat, kemudian Rasulullah saw melarang untuk membunuhnya.
(HR. Ahmad)

5. Burung hud-hud

Pada masa nabi Sulaiman as, burung hud-hud dijuluki sebagi burung yang cerdik. Dan berkat kecerdikannya pula ia dipercaya dan sering menjadi utusan nabi Sulaiman as. untuk menyampaikan surat kepada Ratu Bilqis. Sebab inilah burung hud-hud dilarang untuk dibunuh.

Itulah lima jenis binatang yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran islam. Dan penjelasan diatas merujuk dari hadits yang diriwayatkan An-Nasai dan Ahmad, yang berbunyi :

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, ia berkata, bahwa Rasulullah saw melarang kami membunuh empat macam  binatang : semut, lebah, burung hud-hud dan burung shurad.
(HR. An-Nasai dan Ahmad)

Demikianlah penjelasan mengenai binatang yang dilarang untuk dibunuh semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda !

0 komentar