Doa ketika bangun tidur dalam bahasa arab dan tulisan latin

Doa ketika bangun tidur- Tindakan apakah yang pertama kali kalian lakukan ketika bangun tidur ? Langsung bangun atau hanya bangun untuk mematikan alarm dan kemudian melanjutkan tidur lagi. Sebenarnya sangat tidak baik ketika kita bangun di waktu subuh dan kemudian lanjut tidur lagi.

Selain tidak baik untuk kesehatan kita, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga melarang untuk tidur di waktu subuh. Baca tentang 5 waktu tidur yang dilarang oleh Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam.!

Waktu pagi memiliki berbagai keutamaan dan keberkahan jadi sudah sepantasnya kita mensyukuri nikmat bisa bangun pagi. Salah satu cara untuk mensyukuri waktu pagi ialah dengan cara membaca doa terlebih dahulu ketika bangun tidur sebelum untuk memulai aktifitas yang lain.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa poin, diantaranya ialah :

1. Bacaan doa ketika bangun tidur
2. Keberkahan di waktu pagi

Baiklah mari langsung kita masuk ke materi pembahasan !

bacaan doa ketika bangun tidur

Doa ketika bangun tidur dalam bahasa arab dan tulisan latin

Bangun tidur di pagi hari ini sangat berpengaruh bagi aktifitas kita sepanjang hari. Fikiran dan mental kita untuk aktifitas sehari-hari ini tergantung dengan pola pikir dan mindset kita ketika bangun di pagi hari.

 Tak jarang diantara kita menyepelekan hal ini, dan tidak merencanakan apa yang akan dilakukan ke esokan harinya setelah bangun. Padahal rencana yang matang untuk aktifitas ke-esokan harinya itu merupakan poin positif yang dapat membangkitkan semangat sepanjang hari.

Oleh karenanya, perlu bagi kita untuk membaca doa ketika bangun tidur sebagai tanda syukur kita terhadap nikmat yang diberikan dan memohon pertolongan serta petunjuk kepada Allah swt.
Berikut ini adalah bacaan doa ketika bangun tidur lengkap :

Baca Juga :
Doa mohon ilmu, rizki dan amal yang bermanfaat
Doa untuk menjenguk orang sakit

DOA BANGUN TIDUR


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya :
Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim)

Keberkahan di waktu pagi

Perlu kita ketahui waktu pagi adalah waktu yang berkah, artinya adalah waktu yang penuh dengan kebaikan. Nah, kebaikan-kebaikan apa sajakah yang terdapat di waktu pagi? mari kita simak bersama-sama.

1. Waktu pagi merupakan waktu semangat untuk beramal

Iya benar waktu pagi merupakan waktu yang memberikan semangat untuk beramal. Sebab di waktu inilah para malaikat turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang bangun diwaktu pagi dan berdzikir kepada Allah swt.

2. Waktu penuh keberkahan

Terdapat sebuah riwayat yang menjelaskan bahwa waktu pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan dan kesuksesan.

"Berangkatlah pagi-pagi untuk mencari rizki dan segala kebutuhan. Sesungguhnya, berangkat bekerja di pagi hari (dipenuhi dengan) keberkahan dan kesuksesan.” (H.R. Thabrani No. 7.457).

3. Waktu di baginya rizki

Sebagaimana di sebutkan dalam riwayat H.R. Al Baihaqi No. 4.550, :

يَا بُنَيَّةَ قُومِي اِشْهَدِي رِزْقَ رَبِّك وَلا تَكُونِي مِنْ الْغَافِلِينَ، فَإِنَّ اللَّهَ يُقَسِّمُ أَرْزَاقَ النَّاسِ مَا بَيْنَ طُلُوعِ الْفَجْرِ إِلَى طُلُوعِ الشَّمْسِ

Wahai putri kecil, bangunlah! saksikanlah rizki Tuhanmu. Janganlah kau menjadi orang yang lalai. Sesungguhnya, Allah membagi rizki-rizki manusia di (waktu) antara terbitnya fajar sampai terbitnya matahari.” (H.R. Al Baihaqi No. 4.550).

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai bacaan doa ketika bangun tidur dan beberapa keberkahan di waktu pagi. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat memotivasi teman-teman untuk lebih giat dalam beribadah.

0 komentar