5 Waktu Tidur yang dilarang Rasulullah saw

5 Waktu Tidur yang dilarang Rasulullah saw-Tidur itu hal yang penting untuk mengembalikan energi tubuh kita. Namun, saat ini kebanyakan tidur asal tidur saja tanpa memperhatikan posisi dan waktu tidur mereka.

Sehingga malah berdampak buruk pada kita. Rasulullah saw telah mengajarkan kita mengenai waktu dan posisi tidur yang baik. Berikut ini ulasan mengenai 5 waktu tidur yang dilarang Rasulullah saw:

5 waktu tidur yang dilarang Rasulullah saw

Ini dia Penjelasan Mengenai 5 Waktu Tidur yang dilarang Rasulullah saw

1. Tidur setelah shalat subuh/ tidur diwaktu pagi

Ada sebuah riwayat yang mengatakan : 
"Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena wakktu subuh adalah waktu makhluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang (makruh) kecuali ada penyebab atau keperluan."

BACA JUGA:
Gaya hidup sehat ala Rasulullah saw

Lain dari keterangan diatas, menurut keterangan medis tidur setelah subuh juga berdampak buruk bagi kesehatan kita.

2.  Tidur setelah shalat ashar  menjelang magrib

Terdapat sebuah hadist yang mengatakan:
"Barang siapa yang tidur setelah ashar kemudian akalnya hilang, maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri."

3. Tidur sebelum shalat Isya'

Diriwayatkan dari Abu Barzah radhiyallahu anhu, mengatakan bahwa Rasulullah saw membenci tidur sebelmu shalat isya' dan mengobrol setelahnya.

BACA JUGA:
Tata cara shalat dhuha lengkap

Tidur sebelum waktu isya juga termasuk dari ciri-ciri orang munafik, sebab orang munafik akan merasa berat jika melaksanakan shalat subuh dan isya.

4. Tidur setelah makan

Menurut medis tidur setelah makan dapat mengakibatkan perut kembung dan terasa perih yang mengakibatkan tidur anda tidak nyenyak.Sebab selama tidur, katup akan terbuka sehingga cairan asam lambung rentan naik ke tenggorokan dan menyebabkan heartburn, atau sensasi rasa tidak nyaman yang panas pada perut bagian atas atau terkadang sampai tenggorokan.

5. Tidur sepanjang hari

Normalnya waktu tidur kita adalah 8 jam. Jadi, jika tidur kita kurang atau bahkan lebih dari waktu normal itu akan berdampak negatif pada kesehatan kita.

BACA JUGA:
Dahsyatnya keutamaan shalat berjamaah

Sebuah penelitian di Chicago School of Madicine Menemukan bahwa orang yang rutin tidur lebih dari 8 jam perhari memiliki resiko ganda terkena penyakit nyeri dada. 10 persen dari mereka juga beresiko terkena jantung koroner.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 waktu tidur yang dilarang Rasulullah saw. Semoga bermanfaat !!

0 komentar