Ini Keutamaan dan Hukum Puasa Bulan Rajab | Pelebur dosa


keutamaan luar biasa puasa dibulan rajab-Datangnya bulan Rajab menandakan akan segera datangnya bulan suci ramadhan. Bulan rajab jatuh diantara bulan Jumadil Akhir dan Bulan Sya'ban. Disamping keistimewaannya termasuk kedalam empat bulan haram bulan rajab ini memiliki keistimewaan lain. Keistimewaan itu ialah amalan sunnah puasanya yang memiliki keutamaan yang luar biasa.

Adapun keutamaan-keutamaan puasa bulan Rajab ini dijelaskan didalam hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Berikut ini :

1. Puasa Bulan Rajab Hukumnya Sunnah

Sunnah Nabi adalah apa yang dikatakan nabi, diperintahkan, perbuatan serta tingkah laku nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dibulan rajab disunnahkan untuk berpuasa sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah saw. Artinya apabila dilaksanakan maka akan memperoleh pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa.

Baca Juga :
Ini dia Bacaan Niat Puasa Rajab Dalam Bahasa Arab,Latin beserta Artinya

Bulan Rajab adalah Bulan Haram|Kenapa Rajab Dikatakan Bulan Haram ?

2. Diampuni Dosanya oleh Allah subhanahu wata'ala

Keutamaan puasa dibulan rajab yang pertama ialah akan diampuni dosanya oleh Allah subhanahu wata'ala. Puasa sehari dihari pertama bulan rajab akan diampuni dosanya selama tiga tahun, untuk hari kedua dihapus dosanya selama dua tahun, untuk hari ketiga dihapus dosanya selama setahun dan untuk setiap harinya dihapus dosanya selama sebulan.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam. Diriwayatkan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“berpuasa pada hari pertama bulan Rajab menghapus dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari kedua menghapus dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ketiga menghapus dosa selama setahun, kemudian untuk setiap harinya selama sebulan.” (H. R. Al Khilal dalam Fadhoil syahrur Rojab)

3. Diberi Minum Air Syurga

Barang siapa yang berpuasa sehari dibulan rajab akan diberi oleh Allah swt. minum air dari sungai syurga. Sungguh sebuah kemuliaan bagi mereka yang berpuasa dibulan Rajab.

Sebagaimana dijelaskan didalam sebuah riwayat yang berbunyi :

“sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama ‘rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu.” (H. R. Bukhori Muslim)

4. Sama dengan berpuasa dibulan mulia lainnya


Dari Mujibah al Bahiliyah dari ayahnya atau dari pamannya(sudara lelaki dari ayahnya), bahwa ia-ayah atau pamannya itu- mendatangi Rosulullah SAW. Kemudian pergi lagi. Selanjutnya ia mendatangi Rasulullah SAW. Lagi sesudah setahun, tetapi hal ihwal keadaannya telah berubah. Ia lalu berkata: “Ya Rasulullah, apakh tuan tidak mengenal lagi kepada saya?” beliau bertanya: “siapakah engkau?” ia menjawab: “saya adalah al bahili yang datang kepada Tuan tahun yang lalu.” Beliau SAW lalu bertanya: “apakah yang menyebabkan perubahan dirimu, padahal engkau dahulu baik sekali keadaan tubuhnmu?” ia menjawab. “saya tidak pernah makan sesuatu makanan sejak saya berpisah dengan tuan dahulu, melainkan di waktu malam.”

Rasulullah lalu bersabda: “kelau begitu, engkau telah menyiksa dirimu sendiri,” kemudian beliau melanjutkan sabdanya: “berpuasalah dalam bulan sabar (Ramadhan) dan sehari saja dalam bulan-bulan lainnya.” Ia berkata: “tambahkanlah itu untuk saya, sebab sesungguhnya saya masih ada kekuatan lebih dari itu.” Beliau berkata: “berpuasalah dua hari,” ia berkata: “Tambahkanlah,” beliau berkata: “berpuasalah tiga hari,” ia berkata: “tambahkanlah,” beliau saw bersabda: “berpuasalah bulan-bulan mulia yaitu Rajab, Dzul Qo’dah, zulhijjah dan Muharam dan tinggalkanlah, berpuasalah di bulan-bulan mulia dantinggalkanlah, berpuasalah dari bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah.” Beliau berkata demikian dengan menunjukkan tiga buah jari-jarinya lalu mengumpulkannya dan kemudian membukanya. Maksudnya tiga hari puasa, lalu tiga hari tidak dan seterusnya. 
(H. R. Abu Daud)

Demikianlah keutamaan-keutamaan bulan rajab menurut hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Semoga dapat bermanfaat dan menambah semangat kita untuk beribadah kepada Allah subhanahu wata'ala. agar kita menjadi manusia yang bertaqwa. Aamiin .....


0 komentar