Pernah lupa Rakaat ketika Shalat? Ternyata ini Penyebabnya,Khanzab,Setan Khusus Penggoda Orang Shalat

setan khanzab pengganggu shalat
Khanzab,Setan Khusus Penggoda Orang Shalat-Mungkin kita semua pernah mengalami seperti lupa bacaan shalat, menunda waktu shalat atau pun lupa rakaat ?

Ya, sudah jelas sekali. Hal ini semua disebabkan oleh setan penggoda yang bernama Khanzab.
Utsman pernah bertanya kepada Rasulullah Saw :
"Wahai Rasulullah, setan telah mengganggu shalat dan bacaanku."

Rasulullah Saw bersabda :"Itulah setan yang disebut dengan Khanzab,jika engkau merasakan kehadirannya maka bacalah ta'awudz kepada Allah dan meludah kecil kearah kiri tiga kali."(HR.Ahmad)

Utsman melanjutkan :"Akupun melaksanakan wejangan nabi tersebut dan Allah mengusir gangguan tersebut dariku."

Bentuk-Bentuk Gangguan Khanzab Ketika Mengganggu Orang Shalat

Khanzab adalah anak jin yang pertama, tugasnya yaitu mengganggu manusia yang sedang mengerjakan shalat. berikut adalah bentuk-bentuk gangguan yang disebabkan oleh khanzab :

1. Lupa Bacaan

Kita pasti pernah mengalami ini, tiba-tiba hilang konsentrasi ketika shalat, sehingga  surat yang kita baca entah kemana-mana. Terkadang kita membacanya dua kali atau bahkan lupa sehingga  terbata-bata dalam pengucapannya. Ternyata ini adalah salah satu bentuk godaan yang disebabkan oleh khanzab.

2. Lupa Rakaat Shalat

Tidak hanya lupa bacaan shalat, setan juga menggoda manusia dengan cara membuat manusia tersebut lupa dengan rakaat shalat yang sedang dikerjakan.

"Jika salah seorang dari kalian shalat, syetan akan datang kepadanya untuk menggoda sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam."(HR. Bukhari dan Muslim).

3. Membuat Ragu Seakan Telah Kentut/Berhadas

Godaan selanjutnya yang dilakukan oleh setan khanzab ini adalah membuat manusia yang tengah melaksanakan shalat Ragu, apakah ia telah kentut ataupun berhadas.

Terkadang khanzab membisikkan hal ini kepada manusia yang sedang melaksanakan shalat, sehingga membuat manusia tersebut memikirkan hal tersebut dan hilang konsentrasi saat shalat.

"Ibnu Mas'ud meriwayatkan "sesungguhnya setan-setan mengalir pada peredaran darah manusia hingga ia datang pada salah seorang kamu dalam shalatnya maka ia meniup pada duburnya dan ia membasahi saluran kencingnya kemudian ia berkata 'engkau telah berhadas'.

Maka janganlah berpaling salah seorang kamu hingga ia mencium bau atau mendengar atau mendapatkan basah."



4. Menguap, Bersin, Muntah atau Mimisan


Sungguh banyak sekali upaya setan ini untuk mengganggu setiap ibadah manusia.
Meriwayatkan Ibnu Syaibah dan ath Thabrani ia berkata "Menguap dan bersin dalam shalat adalah dari setan."

At-Tirmidzi dari Dinar ia berkata "Rasulullah Saw bersabda : Bersin, mengantuk, menguap dalam shalat, haid, muntah dan mimisan adalah dari setan."

5. Teringat Sesuatu yang Sebelumnya Telah Lupa

Untuk mengganggu khusyuknya shalat setan mengganggu fikiran manusia dengan mengingatkan sesuatu yang sebelumnya kita telah lupa.

Rasulullah Saw bersabda "Apabila dikumandangkan adzan shalat,setan akan lari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar adzan tersebut. Apabila muadzin telah selesai adzan, ia kembali lagi.

Dan jika iqamah dikumandangkan ia berlari.Apabila iqamah selesai ia kembali lagi.ia akan selalu bersama orang yang shalat seraya berkata kepadanya "Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!", sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia shalat.(HR.Bukhari)

6. Menoleh Kanan Kiri ketika Sedang Shalat

Terkadang secara sadar atau tidak sadar orang yang sedang shalat merasa seakan melihat sesuatu yang melintas atau tiba-tiba ingin melihat kearah tertentu, sehingga orang yang shalat tersebut menoleh kekanan atau kekiri. Itu merupaka gangguan yang disebabkan oleh setan yang bernama khanzab tersebut.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu 'anhaa, ia berkata :"Saya bertanya kepada Rasulullah Saw tentang hukum menengok ketika shalat". Rasulullah Saw menjawab, 'Itu adalah curian syetan atas shalat seorang hamba."(HR.Bukhari)

BACA JUGA :
Pengertian & cara melaksanakan shalat jamak dan qasar


Demikianlah pembahasan mengenai setan pengganggu shalat (khanzab), semoga bermanfaat dan kita bisa lebih waspada dan terhindar akan gangguan-gangguan yang di berikan setan tersebut.

0 komentar