9 Keutamaan Sedekah Menurut Hadist

9 Keutamaan Sedekah Menurut Hadist-Sedekah merupakan pemberian seorang muslim kepada yang berhak secara suka rela dan ikhlas tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu, artinya dapat dilakukan kapan saja. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 271:

"jika kamu menampakkan sedekah-mu,maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapus dari kamu sebagian kesalahan-kesalahan-mu.

Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." Sedekah bisa dikatakan salah satu amalan yang sederhana, mudah dan murah namun termasuk kedalam amalan yang baik, karena disini (sedekah) bukan hanya tentang harta.
9 keutamaan sedekah
Tiap muslim wajib bersodaqoh. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersodaqoh.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?

” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sodaqoh.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu, apa sih keutamaan sedekah? mengapa kita begitu di anjurkan untuk melakukannya? yuk, simak penjelasan mengenai ketamaan bersedekah berikut!

BACA JUGA :
Manfaat Shalawat Yang Luar Biasa

9 Keutamaan Sedekah Menurut Hadist

1. Mendapat 10 Pahala atau 10 Kebaikan

"Bersodaqoh pahalanya sepuluh, memberikan hutang tanpa bunga pahalanya pahalanya delapan belas, menghubungkan diri dengan kawan-kawan pahalanya dua puluh dan silaturahmi (dengan keluarga) pahalanya dua puluh empat. (HR.Al Hakim)

2. Amal Yang Terus Mengalir Walau Telah Meninggal Dunia

"Apabila anak adam wafat putuslah amalnya, kecuali tiga hal yaitu sadaqoah jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (laki-laki atau perempuan) yang mendoakannya." (HR.Muslim)

3. Pahala Yang Sebanding Dengan Orang yang Berjihad

"Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat shalat malam. Ia tidak merasa lelah dan Ia juga ibarat orang yang berpuasa yang tidak pernah berbuka."(HR.Bukhari)

4. Dikabulkan Doanya dan Dibebaskan Dari Kesulitan Hidup

"Barang siapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia menyelesaikan (mengatasi) kesulitan orang lain." (HR. Ahmad)

5. Menyembuhkan Penyakit

"Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersadaqoh dan persiapkan doa untuk mengahadapi datangnya bencana."(HR.Ath-Thabrani)

6. Sebagai Naungan di Hari Kiamat

"Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sadaqohnya."(HR. Amad)

7. Mencegah Murka Allah dan Terhindar dari Proses Kematian Yang Menyengsarakan

"Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan Mencegah dari proses kematian yang menyengsarakan."(HR. Tirmizi)

8. Mencegah Api Neraka

"Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah Saw bersabda:"Bersedekahlah, karena sesungguhnya sedekah itu bisa mencegah dari api neraka."

9. Diturunkan Rizki Kepadanya

"Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah. (HR. Al-Baihaqi)

Demikian artikel tentang keutamaan-keutamaan bersedekah lengkap dengan hadist-hadist yang memperkuat penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadikan kita memahami keutamaan sedekah, sehingga menjadikan kita manusia yang gemar bersedekah. Baca juga artikel mengenai fadhilah shalawat munjiyat!

0 komentar