Bacaan doa lafadz Teks Setelah Adzan dan Iqomah beserta Artinya

Bacaan doa lafadz Teks Setelah Adzan dan Iqomah beserta Artinya

doa setelah adzan dan iqomah


Bacaan doa lafadz Teks Setelah Adzan dan Iqomah beserta Artinya- Di dalam ajaran Islam berdoa merupakan kegiatan memohon sesuatu terhadap sang pencipta yakni, Allah SWT. Terdapat beberapa waktu yang sangat mustajab untuk berdoa, yakni disepertiga malam, waktu subuh dan waktu diantara Adzan dan Iqomah.

Mengapa waktu sebelum dan sesudah adzan dikatakan sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa ?
Ini disebabkan karena pada waktu tersebut merupakan waktu panggilan untuk melaksanakan ibadah sholat mulai didengungkan. Dan didalam sholat itu sendiri terdapat doa-doa yang sangat mustajab. Itulah yang menjadikan doa diwaktu sebelum adzan dan sesudah adzan dan iqomah menjadi waktu yang mustajab.

Meskipun terdapat beberapa waktu yang dipercaya mustajab untuk berdoa bukan berarti waktu lain tak baik untuk berdoa. Pada dasarnya kapanpun dan dimana pun kita dianjurkan untuk selalu mengingat dan berdoa kepada Allah. Akan tetapi diantara waktu-waktu tersebut Allah telah menjanjikan akan mengabulkan permohonannya bagi mereka yang berdoa pada waktu tertentu seperti sebelum dan sesudah Adzan.

Selain daripada itu, berdoa diwaktu tersebut merupakan bagian dari sunnah rasulullah saw,sebagaimana dijelaskan didalam kitab Syarah Al-mahalli(1/159).

"Disunnahkan untuk setiap muadzin dan orang yang mendengar adzan tersebut yaitu membaca shalawat kepada nabi sesudah selesai adzan tersebut, dengan keterangannya" dimana-mana kalian semua mendengar seorang muadzin ,maka kalian semua harus mengucapkan apa yang diserukan oleh muadzin tersebut selanjutnya membacakan shalawat kepada-ku (nabi). dan di qiyaskan pula orang yang mendengarkan adzan tersebut kepada seorang muadzin yang selanjutnya harus mengucapkan doa."

Didalam hadits sahih juga dijelaskan, bahwa waktu diantara adzan dan iqomah merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

"Dari Anas ra, sesungguhnya Nabi pernah bersabda bahwa tidaklah ditolak do'a yang dilantunkan diantara adzan dan iqomah"(Abu daud , Nasa'i dan Turmudzi)

Berikut ini adalah bacaan doa setelah dikumandangkan Adzan :

Doa setelah Adzan

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


Artinya : Ya Allah, tuhan yang memiliki panggilan yang amat sempurna, dan sholat yang senantiasa didirikan, berilah karunia kepada Nabi Muhammad berupa tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, serta derajat yang tinggi, tempatkanlah ia pada kedudukan yang paling terpuji sebagaimana yang telah engkau janjikan. Wahai dzat yang penyayang.

Doa setelah adzan ini sebaiknya kita amalkan agar senantiasa mendapat rahmat dari Allah dan kelak di yaumul qiyamah mendapatkan syafaat baginda Rasulullah saw.

Setelah mengumandangkan adzan seorang muadzin biasanya melanjutkannya dengan melantunkan bacaan iqomah, Bacaan iqomah itu sendiri hampir sama dengan bacaan Adzan akan tetapi dilantunkan dengan nada yang berbeda. Dengan maksud dan tujuan menandakan akan dimulainya pelaksanaan Ibadah shalat.

Sama halnya sesudah adzan, sesudah iqomah kita pun disunnah untuk membaca doa. Berikut ini adalah doa yang dibaca setelah dikumandangkannya iqomah.

Doa setelah iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Artinya : Semoga Allah senantiasa mendirikan dan mengabadikan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.

Demikianlah penjelasan mengenai doa setelah adzan dan iqomah, yang mudah-mudahan dapat menambah wawasan/pengetahuan agama anda. Dengan bertambahnya wawasa/pengetahuan agama yang kita miliki, insyaallah akan memperbaiki pula ibadah kita. Semoga bermanfaat!



0 komentar