Hindari! 5 Macam Penyakit Hati Berbahaya dalam Islam

5 Macam Penyakit Hati dalam Islam-Ada beberapa Penyakit hati dalam islam, dan penyakit ini sangat berbahaya namun tidak menyebabkan kematian. Mengapa berbahaya?

Memang benar tidak memicu kematian, namun apabila seorang memiliki penyakit hati ini akan mendapatkan siksaan baik dunia maupun diakhirat kelak.Penasaran, penyakit hati apa sih yang dimaksud? Apa bahayanya dari penyakit ini? yuk, kita simak jawabannya di bawah ini!

bahaya 5 penyakit hati

5 Macam Penyakit Hati Berbahaya dalam Islam

Telah disinggunga diatas bahwa, penyakit hati ini sangatlah berbahaya. Berikut dampak apabila seseorang memiliki salah satu atau bahkan semua penyakit hati :
  1. Berdosa, sudah jelas yang berdosa, tak peduli besar ataupun kecil ancamannya adalah neraka.
  2. Dijauhi orang-orang disekitarnya.
  3. Mendatangkan adzab.
  4. Tidak memperoleh berkah dari Allah.
  5. Jauh dari pertolongan Allah swt
  6. Menimbulkan fitnah yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain.
BACA JUGA:
Keutamaan Baca surah Al-kahfi dihari Jum'at

Berikut ini adalah bentuk-bentuk atau macam-macam penyakit hati tersebut.

1. Takkabur (Sombong)
 
Takabbur atau sombong ini maknanya adalah merendahkan orang lain dan menolak kebenaran.
Bahaya dari penyakit hati yang pertama ini adalah kita sengaja ataupun tidak sengaja melakukannya akan membuat orang lain risih dan menjauhi kita.

Allah swt berfirman :
"Janganlah kalian berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan."(QS. Al-Isra':37)

Rasulullah saw juga bersabda:
"Tidak akan masuk surga yang didalam kalbunya (hatinya) ada sikap sombong meski sebesar biji sawi."

2. Riya'

Riya' adalah dimana posisi seseorang yang beribadah namun niatnya hanya ingin dipuji oranglain.
Riya' ini sangat berbahaya karena, mungkin bisa saja orang lain menilai kita baik karena Ibadah kita namun nampak buruk dimata Allah. Jika demikian, percuma dan hilanglah pahala Ibadah yang kita lakukan.

BACA JUGA:
Artikel tentang shalat mayit ghaib

Diterangkan didalam Al-Qur'an dalam surah Al-Baqarah ayat 264, yang artinya:

"Janganlah kalian menghilangkan pahala shadaqah kalian dengan menyebut-nyebutnya atau menyakiti (perasaan si penerima) seperti orang yang menafkahkan hartanya kareana riya' kepada manusia dan tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian."

3. Hasad

Hasad adalah merasa iri dengki atas nikmat yang berikan Allah kepada orang lain dan berharap nikmat tersebut hilang dan berpindah kepadanya. Hasad ini sangat berbahaya, bahkan dapat memicu perbuatan atau tindakan kejahatan.

Menurut saya, penyakit hati yang ketiga ini yang paling berbahaya. Sebab, mungkin orang lain tidak mengatahui kita iri terhadapnya namun perasaan iri tersebut mengganggu perasaan dan fikiran kita. Serta memudahkan setan untuk merasuki fikiran kita sehingga kita berbuat sesuatu yang nekat untuk mencapai apa yang dinginkan.

Misal, mencuri, merampok bahkan hingga pembunuhan. Kejahatan semacam ini dapat timbul apabila kita memiliki sifat iri dengki terhadap seseorang.

4. Ujub

Ujub artiya memuji dan mengagumi diri sendiri. Sesorang yang memiliki sifat atau penyakit hati ini akan memicu penyakit hati yang lain seperti takkabur dan riya'.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Tiga hal yang membinasakan: Kekikiran yang diperturutkan, hawa nafsu yang diumbar, dan kekaguman seseorang terhadap dirinya sendiri."(HR. Thabrani)

Untuk menghindari hal yang demikian kita harus membiasakan diri untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Dengan bersikap rendah hati dihadapan Allah, Insyaallah kita akan terhindar dari sifat Ujubu ini.

5. Kikir dan Bakhil

Penyakit hati ini pada umumnya dimiliki sebagian orang kaya. Namun, ada pula orang miskin yang memiliki sifat atau penyakit hati ini. Sifat kikir ini timbul karena kecintaan terhadap harta yang dimilikinya terlalu berlebih sehingga enggan berbagi dengan sesama.

BACA JUGA:
9 Keutamaan sedekah yang luar biasa

Telah dijelaskan ancaman seorang yang kikir dan bakhil dalam firman Allah, yang artinya:
"Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala terbaik, maka kelak kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa."(QS. Al- Lail:8-11)

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa penyakit hati dan bahaya yang ditimbulakan. Semoga bermanfaat dan kita semua yang membaca terhindar dari penyakit hati tersebut. Aamiinn!




0 komentar