Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW-Rasulullah Saw merupakan panutan bagi umat islam. Jadi, sudah sepantasnya kita mengikuti gaya hidup Rasulullah saw. Gaya hidup Rasulullah Saw ini merupakan sunnah bagi umat islam.

Bahkan seorang dokter eropa pernah berkata: Jika semua manusia mengamalkan tiga sunnah saja (sunnah makan, sunnah dikamar mandi dan sunnah tidur), maka seharusnya saya berhenti jadi dokter karena tak ada pasien.

gaya hidup sehat ala Rasulullah saw

Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Dengan mangamalkan sunnah harian atau meneladani gaya hidup Rasulullah saw adalah salah satu bentuk usaha untuk melakukan perbaikan guna mendekatkan diri dengan Allah swt.

Berikut beberapa sunnah harian Rasulullah saw :

1. BAB Jongkok

BAB dengan cara jongkok terbukti lebih bersih dan menyehatkan dibanding BAB dengan cara duduk. Sebab BAB dengan cara duduk lebih beresiko terkena wasir/ambeien.

BACA JUGA:
5 macam penyakit hati

2. Kencing Jongkok

Buat para laki-laki yang masih gemar kencing dengan cara berdiri harus hati-hati. Sebab, kebiasan seperti ini adalah kebiasaan yang buruk dan beresiko tinggi terkena prostat dan batu ginjal. Oleh karenanya disunnahkan untuk kencing dengan posisi jongkok, sebab posisi tersebut lebih menyehatkan dan lebih bersih.

3. Makan Menggunakan Tangan

Dibandingkan makan menggunakan sendok besi, kayu atau plastik, makan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan. Karena, Enzim yang terkandung ditangan dapat membantu makanan lebih cepat dan mudah dicerna.

BACA JUGA:
Amalan untuk menhilangkan kesedihan

4. Makan dan Minum dengan Posisi Duduk

Makan dan Minum dengan posisi duduk lebih menyehatkan daripada dengan posisi berdiri. Makan dan Minum dengan posisi berdiri menyebabkan gangguan pada ginjal dan saluran air kencing.

Rasulullah saw bersabda :
"Janganlah sekali-kali salah seorang diantara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan."(HR. Muslim)

5. Tidur dengan Posisi Miring ke-Kanan

Terbukti, tidur dengan posisi miring kekanan lebih menyehatkan. Sebab apabila kita tidu dengan posisi dengan posisi tengkurapa atau miring kekiri dapat mengganggu sistem pernafasan dan jantung kita.

BACA JUGA:
Sebab diharuskannya mandi wajib

Gaya hidup sehat ala Rasulullah saw ini telah banyak diteliti para pakar, dari segi hikamah, manfaat, dan kesehatan. Dan terbukti gaya hidup Rasulullah saw ini merupakan gaya hidup yang sehat.

Bahkan seorang dokter eropa pernah berkata: Jika semua manusia mengamalkan tiga sunnah saja (sunnah makan, sunnah dikamar mandi dan sunnah tidur), maka seharusnya saya berhenti jadi dokter karena tak ada pasien.

Demikianlah pembahasan mengenai gaya hidup sehat ala Rasulullah Saw yang terbukti baik dan menyehatkan bagi tubuh kita. Semoga kita dapat meneladani apa yang dilakukan Rasulullah saw agar kita bertaqwa kepada Allah swt dan hidup lebih sehat.

0 komentar