Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum'at

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum'at-Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam di ciptakan, Pada hari itu dia dimasukkan ke surga. Dan pada hari itu ia dikeluarkan darinya, dan kiamat tidak lah terjadi kecuali, pada hari Jum'at.

Allah menakdirkan beberapa kejadian besar pada hari Jum'at. Dan juga  ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada siang dan malamnya. Khususnya pelaksanaan shalat jum'at dan Ibadah sunnah seperti membaca surah Al-kahfi.

Jika pada kesempatan sebelumnya saya membahas keutamaan shalat jum'at dan Pada kesempatan kali ini saya akan membahas keutamaan membaca surah Al-Kahfi di hari Jum'at.

manfaat dan keutamaan membaca al-kahfi

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum'at


Salah satu bentuk amalan khusus dihari Jum'at adalah membaca surah Al-Kahfi. Sebagaimana telah dijelas kan oleh Nabi saw:

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi saw bersabda:
"Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya diantara dua Jum'at."

Adapun waktu membacanya yaitu pada saat terbenamnya matahari dihari kamis hingga terbenam matahari di hari Jum'at.
Berikut adalah beberapa keutamaan yang diberikan kepada yang membaca surah Al-Kahfi di hari Jum'at:

1. Disinari anatara dua Jum'at

Dari riwayat diatas dijelaskan bahwa yang membaca surah Al-Kahfi dihari jumat akan disinari dengan cahaya diantara dua jum'at.

BACA JUGA:
Kutamaan dan Manfaat Bershalawat

Cahaya disini maksudnya adalah, akan dapat membedakan mana hak mana yang bathil, akan diberikan pencerahan/petunjuk dikehidupan dunia ataupun akhirat kelak.

2. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Keutamaan berikutnya dari membaca surah Al-Kahfi adalah akan terhindar dari fitnah Dajjal. Seperti yang kita ketahui, fitnah Dajjal ini sangatlah kejam dan dapat membawa kita kedalam kesesatan dan neraka jahannam.

BACA JUGA:
Amalan yang dapat menghilangkan kesedihan


Dalam riwayat muslim, Dari Abu Darda' radhiyallhu anhu, bahwa Nabi Saw bersabda:
"Barang siapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surah Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal."yakni dari huru-haranya.

3. Mendapat Ridho dari Allah swt

Kita umat muslim selalu beribadah dan berdoa memohon berkah dan ridho Allah swt. Dengan kita mendapatkan ridho Allah maka jalan hidup yang kita tempuh akan damai, tentram dan tenang.

Salah satu cara untuk memproleh ridho Allah adalah dengan membaca surah Al-kahfi. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist Bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Barang siapa yang membaca surah Al-kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi."(HR. Ahmad)

4. Diampuni dosanya antara dua jum'at

Setiap manusia tak luput dari dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil tetap saja tercatat sebagai amal buruk. Sebab setan akan terus berupaya mengajak umat manusia kedalam keburukan sehingga berbuat dosa.

Namun,Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mau bertaubat kepada Allah. Salah satunya adalah dengan membaca surah Al-Kahfi.Diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwa Rasulullah Saw bersabda:

"Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum'at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya hingga kelangit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum'at."

Demikianlah keutamaan membaca surah Al-kahfi di hari Jum'at, Semoga bermanfaat untuk kita semua yang membacanya dan tentunya semoga kita dapat mengamalkannya.

0 komentar