Keutamaan Shalat Berjamaah Menurut Hadist Sahih

shalat berjamaah




keutamaan shalat berjamaah-kita mengenal istilah munfarid dan jemaah.

Shalat munfarid adalah shalat yang dikerjakan sendirian sedangkan Shalat berjamaah adalah shalat yang dikerjakan bersama-sama.

Dalam shalat berjamaah harus ada imam, yaitu orang yang mempin shalat, dan makmum, yaitu orang yang mengikuti imam.

Pahala shalat berjamaah dibandingkan shalat munfarid berlipat 27 derajat, sebagaimana Sabda Rasulullah Saw :"Kebaikan Shalat berjamaah melebihi shalat sendirian sebanyak 27 derajat."(H.R BUKHARI dan MUSLIM)

Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang keutamaan atau pahala yang di peroleh dari Shalat berjamaah silahkan simak uraian di bawah ini.

BACA JUGA :
Artikel tentang shalat jumat


Keutamaan Shalat Berjamaah

Rasulullah Saw bersabda:"Shalat seorang laki-laki dalam jamaah melebihi shalatnya sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat."(HR MUSLIM)
Dari Shalat berjamaah itu,ada banyak yang akan diperoleh,di antaranya :

1.Pahala langkah kaki 

Rasulullah Saw bersabda:"Seorang yang berjalan kemasjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala,dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT"(HR.IBNU MAJJAH dan MUSLIM)

2.Pahala Menunggu Waktu Shalat 

Banyak diantara kita yang berangkat ke masjid pas adzan agar bisa cepat selesai. Namun, kita tidak menyadari bahwa sebenarnya kita akan memperoleh pahala yang besar apa bila kita tiba lebih awal dan menunggu waktu shalat di masjid.

Rasulullah Saw bersabda: "Orang yang menunggu waktu shalat di masjid di beri pahala seperti sedang shalat".(HR.BUKHARI)

lebih dari itu kita juga akan mendapat do'a dari Malaikat apa bila kita menunggu  waktu shalat di masjid, dengan doa: "Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah ampunilah dia", tanpa henti sampai waktu shalat.

3.Mendapat  Naungan saat Kiamat 

"Ada 7 golongan yang di naungi kelak. Dan salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid.

4.Doa  Malaikat Ketika di Shaf Terdepan 

"Sesungguhnya para malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama."(HR.IBNU HIBBAN)
Kemudian Rasulullah Saw berkata, "Juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua".(HR.AHMAD DAN Ath THABRANI, di Hasankan oleh SYAIKH ALBANI).

5.Isya dengan 59 pahala

"Seseorang yang melaksanakan shalat isya berjamaah, maka dia akan mendapat pahala 59 kali lipat."(HR.MUSLIM)

6.Subuh dengan 119 Pahala

"Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri."(HR.MUSLIM)

7.Dzuhur, Ashar, Magrib, dengan 27 Pahala 

"Kalau shalat dzuhur jamaah, ashar jamaah, magrib jamaah, masing-masing di lipatgandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah."(HR.MUSLIM)

8.Pahala ketika Sakit

"ketika sakit dan tidak bisa ke masjid (pahala setiap terbiasa ke masjid) pada saat kita tidak kemasjid dan shalat dirumah, kita akan dapat yang sama seperti waktu shalat di masjid."HR.ABU DAWUD)

9.Terindar dari Sifat Munafik

"Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada shalat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua shalat itu, pasatilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua shalat itu meskipun dengan merangkak."(HR.BUKHARI)

10.Menjadi Sebab di Ampuni Dosanya oleh Allah SWT

"Rasulullah Saw bersabda: "jika imam mengucapkan " Ghoiril maghdubi 'alaihim waladhdholliin", maka ucapkan amin,karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

11.Menumbuhkan Sifat Disiplin dan Akhlak Mulia

"Shalat berjamaah mengajarkan disiplin, seorang makmum senantiasa mengikuti gerakan imam dan berada di belakang imam. Hal ini tentu membiasakan melatih kedisiplinan dalam kehidupan seseorang, menghilangkan ego, perbedaan dan dengan penuh kerendahan hati patuh dan taat pada pimpinannya, yaitu imam.

12.Memperkuat Tali Persaudaraan

"Apabila kita bertemu lima kali dalam sehari, maka akan tumbuh kasih sayang diantara sesama muslim. Dan jika suatu waktu ada saudara kita yang biasa shalat berjamaah kemudian beberapa waktu tidak hadir di masjid, maka kita akan bertanya-tanya, ada apa atau mengapa ia tidak berjamaah? Sendainya jawaban yang didapat bahwa beliau itu sakit, maka kita akan bergegas menjenguk dan mendo'akannya."

Orang Lain Juga Membaca :
Artikel tentang shalat sunnah rawatib

Itulah beberapa keutamaan-keutamaan yang didapat dari shalat berjamaah, Sungguh Allah telah memudahkan kita untuk memperoleh kebaikan, maka nikmat tuhan yang mana lagi yang kau dustakan?

semoga setelah mengetahui keutamaan shalat berjamaah ini anda dan kita semua senantiasa menjadi orang yang lebih bertaqwa dan menjalankan perintah Allah SWT.

0 komentar