Keutamaan Shalat Tahajud Berdasarkan Hadist Sahih

Keutamaan Shalat Tahajud-Shalat Tahajud ini merupakan shalat malam yang sangat besar pahalanya apabila dikerjakan. Dengan shalat tahajud kita memperoleh keajaiban-keajaiban dalam kehidupan kita. Waktu paling mustajab untuk melaksanakan Shalat sunah Tahajud ialah ketika sepertiga malam, waktu dimana para malaikat  turun kebumi dan Allah SWT akan mengabulkan setiap doa hambanya. Shalat tahajud merupakan shalat sunah yang ditekankan atau sunnah mu'akkad.
Ada banyak keutamaan yang diperoleh di dalam shalat tahajud, Apa sajakah itu?
mari kita simak uraiannya di bawah ini.
keutamaan shalat tahaju

BACA JUGA :

Keutamaan Shalat Tahajud

1.Jaminan Masuk Surga

Abdullah Ibn Muslim berkata "Kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, "Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat."(HR.IBNU MAJJAH)

2.Penebus Perbuatan Buruk dan Mencegah Beruat Dosa

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda:"Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan-mu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh."(HR.AHMAD)

3.Sarana Meraih Kemuliaan

Rasulullah Saw bersabda: "Jibril medatangiku dan berkata,"wahai Muhammad,hiduplah sesukamu karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu,engkau  akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan orang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain."(HR.AL BAIHAQI)

4.Sarana di Kabulkannya Setiap Doa

Rasulullah Saw bersabda:"Dari jabir berkata,bahwa nabi Saw bersabda:"Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, itu berlangsung setiap malam".(HR.MUSLIM)

5.Sarana Mendapatkan Tempat Terpuji

Allah SWT berfirman :"Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji."(QS.AL-ISRA':79)

6.Meraih Kesehatan Jasmani

"Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah SWT, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh".(HR.AT-TIRMIDZI)

7.Mendapat Keringanan Saat di Hisab di Akhirat

Rasulullah Saw bersabda:"Barang siapa mengerjakan shalat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia  dan 4 macam di akhirat."4 macam kemuliaan di akhirat adalah wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di hari pembalasan nanti. Akan mendapat keringanan ketika di hisab, ketika menyebrangi jembatan siratal mustaqim bisa melakukannya dengan sangat cepat seperti halilintar yang menyambar, dan catatan amalnya diberikan di tangan kanan.

Lihat Juga :
Artikel tentang shalat dhuha
Artikel tentang cara mandi wajib

Demikianlah beberapa keutamaan shalat tahajud, semoga bermanfaat dan dapat membangkitkan semangat kita semua untuk senantiasa bertahajud.

0 komentar