Bahaya Tidur Pagi dalam Pandangan Islam dan Dampaknya bagi Kesehatan

Bahaya tidur pagi- Kita umat islam semestinya tau, bahwa waktu pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan. Sebab diwaktu ini, malaikat-malaikat Allah berhamburan turun kebumi untuk menyaksikan dan membagikan rizki kepada umat manusia.

Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadist, yang artinya :
Dari  Sayyidina Abu Hurairah رضيَ اللَّه عنهُ bahawasanya Nabi صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم bersabda yang maksudnya : ““Tidaklah para hamba berada di pagi hari, melainkan pada pagi itu terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang berinfak’, sedang yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah kebinasaan (harta) kepada orang yang menahan (hartanya).” (Muttafaq ‘alaih)

Sungguh rugi bagi mereka yang tidur diwaktu pagi hari. Pada kesempatan kali ini santrionline akan membagikan sajian mengenai  bahaya tidur diwaktu pagi hari menurut pandangan islam. Yuk, terus skrol kebawah !

bahaya tidur pagi


Bahaya Tidur Pagi dalam Pandangan Islam dan Dampaknya bagi Kesehatan

Ternyata tanpa kita sadari tidur diwaktu pagi hari secara perlahan menggerogoti kesehatan tubuh kita,berikut ini adalah penjelasannya :

1. Mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit

Penyakit yang timbul diantaranya adalah melemahkan syahwat (zaadul Ma'ad, 4/222) selain itu memiliki kebiasaan tidur pagi juga akan berdampak bagi kesehatan badan seperti masalah ketidak seimbangan metabilisme tubuh, ketika bangun tubuh akan lemas seharian, sakit kepala, rawan terkena kanker darah, diabetes, jantung bahkan resiko kematian.

2. Menghambat datangnya rizki

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwasannya diwaktu pagi hari malaikat menyebar keseluruh muka bumi guna membagikan rezeki kepada seluruh makhluk dibumi. Pernyataan ini diperkuat dengan hadits yang berbunyi :

"Ibnul Qayyim mengatakan : "Empat hal yang dapat menghambat datangnya rezeki ialah tidur diwaktu pagi, sedikit sholat, bermalas-malasan dan berkhianat."(Zaadul Ma'ad,4/378)

3. Termasuk kedalam perkara yang dilarang agama

Tak ada tuntunan dan juga sesuai dengan petunjuk dalam Al-qur'an dan As-Sunnah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidur diwaktu pagi termasuk kedalam perkara yang dilarang agama.

4. Menunjukkan Akhlak yang buruk

Tidur diwaktu pagi bukanlah perilaku akhlak yang baik dan merupakan kebiasaan yang sangat dibenci oleh para salafush sholih , termasuk perbuatan yang harus dihindari apapun alasannya.

5. Tidak akan mendapatkan barokah didalam amalan dan waktu. Sebab tidur diwaktu pagi ini sama halnya dengan menyia-nyiakan waktu.

6. Menyebabkan rasa malas disisa-sisa waktu harinya

Menurut  saya, yang terakhir ini lah yang sangat berbahaya. Dengan timbulnya rasa malas akan membuat seseorang tersebut enggan untuk melakukan aktifitas seperti bekerja bahakan enggan beribadah.

Penjelasan diatas merupakan penjabaran dari perkataan Ibnul Qayyim bahwa beliau rahimahullah mengatakan : "waktu pagi hari bagi seseorang itu ibarat waktu muda dan akhir harinya ibarat waktu tuanya."(Miftah Daris Sa'adah, 2/216)

Demikianlah penjelasan mengenai bahaya tidur pagi dalam pandangan islam, semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih menfaatkan waktu dengan perkara yang baik beribadah kepada Allah dan tidak menyia-nyiakan waktu. Amiin !

0 komentar