Tuntunan sholat Niat dan doa istikhoroh lengkap untuk temukan jodoh sejati

Tuntunan sholat Niat dan doa istikhoroh lengkap untuk temukan jodoh sejati


Tuntunan sholat doa istikhoroh-sholat istikhoroh merupakan sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon petunjuk kepada Allah subhanahu wata'ala untuk segala urusan hidup kita. Memohon petunjuk dan pertolongan kepada Allah sangatlah penting dalam kita menjalani kehidupan agar kita salah dalam menentukan keputusan.

Oleh karena itu, didalam ajaran islam diajarkan untuk melaksanakan sholat istikhorah disaat kita ragu atau bingung dalam menentukan suatu hal, seperti halnya jodoh. Sebagaimana telahdi terangkan dalam sebuah hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Jabir Ibn  Abdillah ra :

"Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan maka rukuklah (sholatlah) dua rakaat : kemudian berdoa ...(HR.Bukhori)
sholat istikhoroh

Dari hadits diatas, sudah sepantasnya kita seorang muslim sebelum menentukan keputusan atau pilihan seperti karir, jodoh atau perkara dunia lainnya untuk sholat dua rakaat (istkhoroh) dengan tujuan mohon petunjuk kepada Allah subhanahu wata'ala.

Kemudian, bagaimanakah cara pelaksanaan sholat istikhoroh ini ? Banyak sekali kaum muslimin yang mencari-cari tentang bagaimana pelaksanaan sholat istikhoroh ini. Untuk cara pelaksanaan sholat istikhoroh ini tidaklah berbeda dengan sholat-sholat lainnya. Mulai dari gerakan dan bacaannya tidaklah ada perbedaan. Sebab yang menjadi pembeda dalam sholat istikhoroh dengan sholat sunnah lainnya hanyalah niat dan tujuannya.

Berikut ini adalah bacaan niat sholat istikhoroh yang benar :

bacaan niat sholat istikhoroh

Usholli sunnatal istikhoroh rak'ataini lillahita'ala
Artinya : Aku berniat sholat sunnah istkhoroh karena Allah ta'ala

Waktu terbaik sholat istikhoroh

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat istikharah ialah malam hari yaitu setelah usai sholat isya', sebab diwaktu malam hari suasana sunyi sehingga dapat membuat kita lebih khusyuk dan nyaman dalam melaksanakan sholat istikhaoroh.

Meski demikian tak dikhususkan sholat istikhoroh dilakukan dimalam hari, sholat ini juga boleh dilakukan diwaktu pagi hari ataupun siang hari.

Bacaan doa setelah melakukan sholat istikharoh

Setelah melaksanakan sholat istikhoroh janganlah langsung beranjak dari tempat, tetaplah duduk ditempatmu sholat untuk berzikir dan berdoa guna menyampaikan apa yang menjadi hajat hatimu kepada sang pemilik segalanya (Allah subhanahu wata'ala).

Berikut ini adalah bacaan doa yang dibaca seusai melaksanakan sholat istikhoroh :

bacaan doa sholat istikhoroh minta petunjuk

ALLAHUMMA INNI ASTAKHIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA ASLUKA MIN FADHLIKAL'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLAHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HADZAAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINI WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODHDHINII BIHI.

Artinya :

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadamu dengan ilmu pengetahuanmu, dan aku mohon kekuasaanmu (untuk mengatasi persoalan ku)dengan kemaha kuasaanmu. Aku mohon sesuatu dari anugerahmu yang maha agung. Sesungguhnya engkau maha kuasa , sedang aku tidak kuasa, engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahuinya, dan engkau adalah maha mengetahui tentang hal yang ghaib. Ya Allah, apabila engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang memiliki hajat hendaknya mengucapkan hajatnya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untukku, mudahkanlah jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya bagi diriku, maka singkirkanlah persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku dimana saja kebaikan itu berada , kemudian berilah kerelaanmu kepadaku." 

Selain bacaan doa diatas tentu saja kalian bisa membaca doa sesuai dengan hajat dan kebutuhan kalian. Demikianlah penjelasan mengenai sholat istikhoroh, semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan.




0 komentar