Inilah Keutamaan serta manfaat wudhu yang Jarang diketahui Wajib Baca!

Inilah manfaat wudhu bagi kesehatan dan kecantikan-Wudhu bukan hal asing lagi bagi kita umat muslim, karena kita umat muslim selalu melakukannya setiap hendak menunaikan suatu ibadah. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah riwayat :

"Dari Abu hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah saw bersabda : Allah tidak menerima shalat seorang diantaramu, jika ia berhadast, sampai ia berwudhlu dahulu." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Turmudzi)
Wudhu sendiri merupakan kegiatan membersihkan diri dari kotoran, jadi sudah pasti memiliki segudang manfaat yang luar biasa yang mungkin belum anda ketahui yuk, kepoin apa saja manfaatnya!

keutamaan dan manfaat berwudhu yang jarang diketahui


Inilah Keutamaan serta manfaat wudhu yang Jarang diketahui


1. Anggota badan yang terkena air wudhu akan bercahaya

"Sungguh, umatku akan dipanggil (saat akan dihisab) nanti pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya disekitar wajah, tangan dan kaki, karena bekas wudhu. Karena itu, barang siapa diantara kalian yang ingin melebihkan basuhan wudhunya, maka lakukanlah."(Muttafaq 'alaih)

2. Diampuni dosanya

"Barang siapa berwudhu dan menyempurnakannya, maka semua dosa keluar dari jasadnya, hingga dari ujung kuku-kukunya."(HR. Muslim) 

3. Mendapatkan perhiasan disyurga sesuai batas wudhunya

"Perhiasan orang mukmin (di syurga) itu sesuai batas wudhunya."(HR. Muslim) 
Selain keutamaan-keutamaan diatas wudhu juga memiliki manfaat yang menakjubkan bagi tubuh kita, diantaranya ialah:

1. Menjaga kesehatan kulit 

Umat muslim melakukan wudhu minimal 5 kali dalam sehari. Dengan demikian debu maupun kuman yang menempel setelah aktifitas yang kita lakukan dapat hilang dengan air wudhu. Dan dengan begitu kulit akan terjaga kelembapannya,  tetap bersih dan sehat sehingga kulit dapat terhindar dari penyakit kulit dan peradangan kulit.

BACA JUGA:
Gaya hidup sehat ala Rasulullah saw

2. Mencegah kuman yang masuk melalui lubang hidung

Saat kita berwudhu dan membersihkan hidung kita dapat menghilangkam debu maupun kuman yang ikut terhirup dan terperangkap dalam hidung yang ikut terhirup saat kita bernafas. Dengan begitu kita dapat mencegah kuman masuk ketubuh kita.

BACA JUGA:
5 Waktu tidur yang dilarang Rasulullah saw

3. Membuat wajah tampak cerah

Banyaknya debu yang menempel pada wajah menyebabkan wajah tampak kusam dan kotor. Namun, itu dapat diatasi dengan kita berwudhu. Saat kita berwudhu dan membasuh muka, itu akan membuat saraf yang diwajah segar kembali, dengan begitu wajah akan kembali cerah bersih kembali.

4. Menjaga kesehatan mulut

Dengan kita berwudhu minimal 5 kali sehari itu artinya kita telah berkumur sebanyak 5 kali pula. Itu artinya kita tidak memberi kesempatan untuk kuman berada berlama-lama didalam mulut. Dengan begitu mulut akan terjaga kesegarannya dan gigi terjaga kesehatannya.

Demikianlah keutamaan dan manfaat wudhu yang jarang diketahui, semoga bermanfaat dan menjadikan kita bersemangat untuk berwudhu menjaga wudhu.

0 komentar