Wajib shalat subuh walaupun bangun kesiangan,Harus Tahu!

Wajib shalat subuh walaupun bangun kesiangan-waktu shalat 5 waktu telah ditentukan, seperti shalat subuh yang waktu pelaksanaannya sejak terbit fajar shodiq sampai terbit matahari. Lalu, bagaimana jika kita tidak sengaja bangun terlambat/kesiangan, apakah tetap harus melaksanakan shalat subuh?
Untuk mengetahui jawabannya mari simak uraian dibawah ini!
shalat subuh kesiangan karena telat bangun

Tetap Wajib Shalat Subuh Meski Bangun Kesiangan

Kita mengetahui shalat subuh memilika banyak keutamaan serta disaksikan oleh  malaikat Allah swt. Sebagaimana dijelaskan Allah swt dalam firmannya, yang artinya :

"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat subuh). sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat.(QS.Al-Isra':78)

Baca Juga:
5 waktu tidur yang dilarang Rasulullah saw

Orang-orang yang dengan sengaja meninggalkan shalat subuh, bahkan dijadikan rutinitas tentu itu merupakan dosa besar. Bahkan Tetap diwajibkan bagi mereka yang tidak sengaja bangun kesiangan untuk melaksanakan shalat subuh meski matahari telah meninggi. 

Dikatakan dalam sebuah hadits :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Rasulullah saw bersabda :
"Siapa yang lupa mengerjakan suatu shalat atau tertidur maka kafaratnya adalah ia mengerjakannya apabila teringat."(HR. Muslim)

Baca Juga:
Manfaat wudhu yang jarang diketahui orang 

Adapun penjelasan lainnya ialah :

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Barang siapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adalah ia shalat ketika ia ingat."(HR. Muslim no.684)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Jika salah seorang di antara kalian tertidur atau lalai dari shalat, maka hendaklah ia shalat ketika ia ingat. karena Allah berfirman (yang artinya), "kerjakanlah shalat ketika ingat"(QS. Thaha:14).
(HR. Bukhari no. 597 dan Muslim no 684)

Itulah beberapa hadits shahih yang menjelaskan bahwa tetap diwajibkannya melaksanakan shalat subuh walau kita tak sengaja bangun kesiangan. Jadi, jangan meninggalkan shalat subuh lagi ya, walaupun tak sengaj bangun kesingan!

0 komentar