8 golongan orang yang doanya mustajab, cepat dikabulkan oleh Allah swt | Berikut penjelasan

8 golongan orang yang doanya mustajab, cepat dikabulkan oleh Allah swt- Doa merupakan suatu permohonan, harapan kepada Allah swt. Adapun doa mustajab ialah doa yang di ijabahi atau dikabulkan oleh Allah swt.

Dalam agama islam, terdapat beberapa jenis doa yang mustajab, doa yang cepat dikabulkan oleh Allah swt. berikut ini penjelasannya!
golongan orang yang doanya mustajab

8 golongan orang yang doanya mustajab, cepat dikabulkan oleh Allah swt 

1. Doa orang yang teraniaya

Doa pertama yang cepat dikabulkan adalah dari orang yang teraniaya, hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw Ketika Rasulullah saw mengutus Mu'adz ke Yaman, beliau bersabda kepadanya :

"Takutlah kalian terhadap doa orang yang dizalimi, karena tidak ada hijab antara doa itu dengan Allah"(HR. Bukhari)

2. Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa dia ketahui

Seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengatuannya, itu akan menjadi doa yang mustajab yang cepat dikabulkan oleh Allah swt.

Diriwayatkan dari Abu Darda' ra, bahwasannya ia berkata, "Apabila seorang muslim mendo'akan saudaranya tanpa sepengetahuannya, maka pasti malaikat yang ditugaskan (kepadanya) akan mengucapkan, "Engkaupun akan mendapatkan yang semisalnya."(HR. Muslim)

3. Doa orang tua untuk anaknya

Sebagai orang tua sudah sewajarnya banyak berdoa untuk anak keturunannya agar supaya mereka kelak menjadi anak yang berbakti kepada agama, orang tua dan negara. Selalu jaga ucapan terhadap anak dan janganlah sekali-kali mengucap yang tidak baik terhadap anak, sebab perkataan adalah doa dan doa orang tua merupakan doa yang sangat mustajab.

Dari Abu hurairah ra. ia berkata, "Ada tiga doa mustajab yang tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang teraniaya, doa orang mussafir dan doa orang tua untuk anaknya."(HR. Tirmidzi, dinilai hasan oleh al-albani)

4. Doa seorang musafir

Dari Abu hurairah ra. ia berkata, "Ada tiga doa mustajab yang tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang teraniaya, doa orang mussafir dan doa orang tua untuk anaknya."(HR. Tirmidzi, dinilai hasan oleh al-albani)

5. Doa pemimpin yang adil

Dari Abu Huraira ra. secara marfu', Ada tiga golongan yang doanya tidak ditolak, orang yang berpuasa hingga berbuka, doa pemimpin yang adil dan doa orang yang teraniaya. Allah akan mengankat doa mereka keatas awan, membukakan pintu-pintu langit untuknya, dan berfirman,

"Demi kemuliaanku, sungguh, aku akan menolongmu walaupun dengan selang waktu."(HR. Tirmidzi, dinilai hasa oleh al-Albani)

6. Doa anak shaleh

Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., "Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh yang mendoakan orang tuanya." (HR. Muslim)

7. Doa orang yang sedang dalam keadaan darurat atau kesusahan

Allah swt berfirman : "Atau siapakah yang memprkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? apakah dismping Allah ada tuhan (yang lain)? amat sedikitlah kamu mengingatinya."(QS. An-Naml 27:62)

8. Orang yang banyak berdoa pada saat lapang dan bahagia

Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasulullah saw bersabda : "Barangsiapa yang ingin doanya dikabulkan pada saat sedih dan susah, maka hendaklah memprbanyak berdoa pada saat lapang." (HR. Tirmidzi dan al-Hakim. disahihkan oleh imam Dzahabi dan dihasankan oleh al-Albani)

Itulah beberapa golongan orang yang doa-doanya  mustajab yang mudah dikabulkan oleh Allah swt

0 komentar