Cara anak berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal | Bentuk wujud berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia

Cara anak  berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal | Bentuk wujud berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia yang menyelamatkan mereka dari siksa kubur dan api neraka.
Cara  berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal | Bentuk wujud berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia

berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal- Untuk mewujudkan  berbaktinya seorang anak kepada orang tua itu tak cukup sewaktu mereka hidup saja, akan tetapi sewaktu mereka berdua sudah meninggal dunia, wujud berbakti seorang anak haruslah tetap dilestarikan.

Berikut ini, santrionline akan menyajikan artikel mengenai cara-cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia !
Apa saja bentuk wujud  kita berbakti kepada orang tua yang telah meninggal ? 
Jawabannya ada dibawah sini !

Cara anak berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal | Bentuk wujud berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia

1. Melesatarikan kebajikan orang tua semasa hidup

Para orang tua biasanya mendidik anak-anaknya untuk berbuat baik. Cara-cara orang tua untuk mendidik anak-anaknya menjadi anak yang baik salah satunya dengan memberikan contoh yang baik.

Misalnya, orang tua memberikan contoh dengan gemar bersedakah, rajin beribadah, senang bersilaturahmi dengan sanak kerabat, membantu fakir miskin, menolong anak yatim dan lain sebagainya. 

Hal ini tak lain tak lebih bertujuan agar sang anak menirunya, sehingga ketika sang anak ditinggal pergi/singgah diliang kubur amalan-amalan orang tua dapat diteruskan dan dilestarikan oleh sang anak.

2. Melakukan amal sholeh dan berdo'a

Kita tetap bisa mewujudkan bukti cinta dan bakti kepada orang tua kita yang telah meninggal dunia. yaitu, dengan cara melakukan amal kebajikan (amal sholeh) dan berdo'a untuk kebaikan orang tua dialam kubur.

Sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadits, yang artinya :

"Apabila seorang anak adam meninggal dunia, maka amalnya terputus, kecuali tiga macam (yang tidak akan putus), yaitu : harta yang diwakafkan (amal jariyah), ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang senantiasa mendoakan untuk ibu bapaknya."
(HR. Muslim)

3. Membina hubungan baik dengan kawan-kawan ibu bapak

Membina hubungan baik (silaturahmi) dengan kawan-kawan ibu bapak yang dulunya terjalim semasa hidupnya merupakan salah satu bentuk berbakti kepada ibu bapak yang telah meninggal dunia.

4. Memohon ampunan atas dosa-dosanya

Meskipun orang tua semasa hidupnya, termasuk orang yang hidup didalam kemusyrikan, penjudi atau yang gemar melanggar larangan Allah, maka sang anak tetap berkewajiban untuk berdoa memohonkan ampunan untuk-nya, sebab hanya doa dari anak-anak yang sholeh lah yang mempu menyelamatkan mereka.

Kita harus mencontoh sikap Nabi Ibrahim as dalam menghadapi bapaknya yang musyrik, yang setiap harinya penjual berhala untuk disembah. Meski demikian Nabi Ibrahim as tetap berdoa memohon kan mapunan untuk bapaknya tersebut.

"Berkata Ibrahim : "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu (wahai bapak), aku tetap akan memintakan ampun untukmu kepada tuhanku. Sesungguhnya dia (Allah) sangat baik kepadaku." (Qs.Maryam : 47)

5. Berziarah kemakamnya

Berziarah kemakam ibu bapak yang telah meninggal dunia adalah wujud dari bakti kita kepada mereka. Tujuan dari ziarah kubur itu sendiri adalah untuk mengingatkan mati, yang kedua adalah untuk memintakan ampun atau untuk mendo'akan keselamatan bagi yang meninggal.

Abu Hurairah ra, seorang sahabat Rasulullah saw yang banyak hafal hadits, ia berkata, Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang berziarah kubur kemakam kedua orang tuanya, atau salah satu dari keduanya tiap hari jum'at, maka dosanya akan diampuni oleh Allah dan ia dinyatakan sebagai seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tua." (HR.Ath Thabrani) 

Itulah beberapa cara kita untuk berbakti kepada orang tua kita yang telah meninggal dunia.
Bentuk wujud cinta dan bakti kepada orang tua kita yang telah melahirkan dan merawat kita.

0 komentar