Mustajabnya do'a orang tua terhadap anaknya

dahsyatnya doa orang tua kepada anak-anaknya sangat mustajab dan cepat dikabulkan
do'a orang tua kepada anaknya mustajab
Mustajabnya do'a orang tua terhadap anaknya-Orang tua memiliki kedudukan yang luar biasa dalam islam, lebih-lebih seorang ibu. Oleh karenanya, seorang anak wajib baginya untuk berbakti kepada orang tuanya.

Do'a-do'a orang tua terhadap anaknya sangatlah mustajab Sertaa ridho Allah itu tergantung ridho orang tua. Dijelaskan dalam sebuah riwayat, yang artinya :

"Keridhoan Allah itu tergantung kepada keridhoan ibu bapak dan kemurkaan Allah itu tergantung kepada kemurkaan orang tua"
Hadits diatas  menjelaskan bahwa Allah tidak ridho (rela) ada seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya, begitupun sebaliknya Allah akan ridho kepada anak-anak yang berbakti kepada orang tuanya.

Dengan demikian sudah sepantasnya kita sebagai seorang anak untuk berbakti kepada orang tua, dan orang tua juga harus menjaga setiap ucapan dan do'a terhadap anaknya, Sebab do'a-do'a orang tua sangatlah mustajab.

sehingga ada baiknya bila orang tua ingin anaknya soleh dan soleha mereka berkata yang baik terhadap anaknya dan berdo'a dengan baik pula. Rasulullah saw bersabda mengenai mustajabnya do'a orang tua, yang diceritakan dari sahabat Abu Hurairah r.a :

"Ada tiga do'a yang tidak diragukan lagi kemustajabannya, ialah : do'a yang keluar dari orang yang dianiaya, do'a ibu bapak terhadap anak-anaknya, dan do'anya orang yang sedang dalam perjalanan (musafir)" (HR. Ahmad)

Dalam riwayat lain, Tsauban ra, berkata, bahwa Rasulullah saw bersabda:
" Ada empat do'a yang mustajab, yaitu do'a seorang imam (pemimpin) yang adil, seseorang yang mendo'akan saudaranya secara ghaib (tidak sepengetahuan saudaranya), do'a orang yang teraniaya dan do'a ayah untuk anaknya. (HR. Abu Na'im)

Selanjutnya Anas ra juga berkata, bahwa rasulullah saw bersabda :
"Ada tiga do'a yang tidak akan ditolak yaitu : do'a ayah untuk anaknya, do'a orang yang teraniaya dan do'a orang yang sedang dalam perjalanan. (HR. Abdul Hasal)

Itulah beberapa penjelasn mengenai do'a orang tua yang mustajab. Do'a disini mencakup do'a buruk ataupun do'a baik, oleh karenanya orang tua mesti berhati-hati dalam berkata dan berdo'a terhadap anaknya.

Semoga penjelasan singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya.

0 komentar