Kumpulan hadits tentang keutamaan dan perintah sholat dhuha | Wajib baca!

Kumpulan hadits tentang keutamaan sholat dhuha- Sholat dhuha dikenal sebagai sholat sunnah yang dapat memperlancar rezeki. sholat ini dilakukan matahari terbit setinggi tombak yaitu 15 menit setelah matahari terbit. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat, yang berbunyi :

"Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin mengatakan, “Awal waktu shalat Dhuha adalah ketika matahari meninggi setinggi tombak ketika dilihat, yaitu 15 menit SETELAH matahari terbit.” (Syarah al-Arba’in an-Nawawiyah, hal. 289)"
Sholat dhuha juga memiliki berbagai keutamaan, pada kesempatan kali ini Santri online akan membagikan penjelasan hadits mengenai keutamaan sholat dhuha, yuk baca sampai selesai !


Kumpulan hadits tentang keutamaan dan perintah sholat dhuha

Kumpulan hadits tentang keutamaan dan perintah sholat dhuha | Wajib baca!

1. "Barang siapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkannya istana disyurga."(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. "Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan istiqomah, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih dilautan."(HR. At-Tirmidzi)

3. "Barang siapa yang masih berdiam diri di masjid dan tempat sholatnya setelah sholat subuh karena melakukan i'tikaf, berdzikir, dan melakukan dua rakaat sholat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih dilautan." (HR. Abu Dawud)

4. "Rasulullah saw bersabda didalam hadits qudis, Allah swt berfirman : "Wahai anak adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat sholat dhuha, karena dengan sholat tersebut ,akau cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.(HR. Hakim dan Thabrani)

5. "Dari zaid bin Arqam ra, berkata,"Nabi Saw keluar kependuduk quba dan mereka sedang sholat dhuha. Beliau bersabda, sholat awwabin (dhuha) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).(HR. Muslim dan At-Tirmidzi)

6. Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah saw sholat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat."(HR. Abu Dawud)

Itulah beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan dan perintah sholat dhuha. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda!

0 komentar