Do'a agar mudah melunasi hutang sepenuh gunung

Do'a agar mudah melunasi hutang sepenuh gunung
Do'a agar mudah melunasi hutang sepenuh gunung-Didalam syari'at islam membolehkan adanya hutang piutang. Bahkan dianjurkan bagi mereka yang memiliki kecukupan untuk memberikan hutang kepada yang kesusahan, dan hal itu akan mendatangkan pahala.

Dan mereka yang berhutang wajib hukumnya utuk membayar hutangnya.
Haram bagi seseorang yang mengambil harta oranglain (berhutang) namun ia tidak memiliki niat, motivasi dan usaha untuk mengembalikannya. Orang yang berbuat demikian akan Allah berikan kerugian. (Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah,3:496)

Pada kesempatan kalini Santri online akan menyajikan sebuah bacaan do'a agar terhindar/terbebas dari hutang dan kesusahan hidup.

Bacaan Do'a agar mudah melunasi hutang sepenuh gunung

Do'a yang pertama 

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak-finii bikhalaalika 'an kharaamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka

"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkan aku dari yang haram dan cukupkanlah aku dengan karunia-mu dari bergantung pada selain-mu." (HR.Tirmidzi;3563)

Do'a yang kedua

اللَّهُمَّ اِنِّىْ اَعُوُذُ بِكَ مِنَ الْهَمْ وَالْحَزْنِ،وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ،وَالْبُحْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ وَالدَّيْنِ وَغَلَبَةِالرِجَلِ

Allahumma innii a'udzubika minal hammi wal khazni wal 'ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dhola'i waddaini wa ghalabathir rijal

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang."(HR.al-Bukhari)

Doa-doa diatas dapat dibaca saat kita dalam kesusahan, seperti kesusahan untuk membayar hutang atau yang lain. Dengan harapan agar dimudahkan serta diberi jalan keluar oleh Allah swt dari segala urusan kita.

Demikian lah bacaan Do'a agar mudah melunasi hutang sepenuh gunung semoga bermanfaat dan yang mungkin memiliki hutang, dapat segera melunasi hutangnya.

1 komentar: