7 Rahasia Keutamaan Membaca Al-Qur'an yang Luar biasa


Membaca Al-Qur'an

Keutamaan Membaca Al-Qur'an-Al-Qur'an merupakan wahyu yang datangnya dari Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.

Kita dianjurkan membaca al-qur'an karena merupakan kalam Allah, sehingga merupakan bacaan yang mulia. Membaca Al-Qur,an merupakan suatu kemulian yang diberikan Allah Swt kepada kita umat manusia.

"Sesungguhnya para malaikat tidak diberikan kemuliaan itu agar dapat mendengarnya.(Ibnu Shalah di al-Itqan fi ulum al-Qur'an)

Nah,pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang keutamaan-keutamaan membaca al-qur'an. Mau tahu apa saja keutamaannya? silahkan simak uraian dibawah ini!

BACA JUGA :
Artikel tentang keutamaan membaca shalawat

Keutamaan Membaca Al-Qur'an

1. Memperoleh Sepuluh kebaikan di Setiap Huruf

"Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah baginnya satu kebaikan. Satu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (H.R Tirmidzi)

 

2. Dikumpulkan bersama Malaikat

"Orang yang membaca Al-Qur'an dengan mahir akan bersama-sama dengan malaikat." (H.R Bukhari dan Muslim)

3. Mendapat Sebaik-baik Anugerah 

"Barang siapa yang sibuk dengan Al-Qur'an dan dzikir dari meminta-ku, Aku akan memberikan kepadanya sebaik-baik anugerah-ku. Keutamaan kalamullah (Al-Qur'an) atas kalam-kalam selainnya seperti keutamaan Allah Swt atas semua makhluk-Nya." (H.R Tirmidzi)

4. Sebagai Perniagaan Yang Tidak Merugi

"Sesungguhnya orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak merugi." (QS.Al-Fathir:29)

5.  Pemberi Syafaat di Hari Kiamat

"Bacalah oleh kalian Al-Qur'an. Karena (Al-Qur'an) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR.Muslim)

6. Memperoleh dua Kebaikan

"Yang membaca Al-Qur'an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur'an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala." (Al-Bukhari 4937, Muslim 244)

7. Sebagai Petunjuk Bagi Umat Manusia

"Bulan ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)." (Al-Baqarah:185)

Orang Lain Juga Membaca :
Artikel tentang kerugian tidak bershalawat

Allah Swt menjanjikan kepada yang membacanya (al-qur'an) dengan berbagai kebaikan sekalipun yang membaca masih terbata-bata dan mengalami kesulitan. Itulah beberapa keutaman-keutamaan dalam membaca al-qur'an semoga dapat mengispirasi agar kita rajin membaca Al-Qur'an.

0 komentar