Amalan-amalan yang dapat menghilangkan kesedihan


Amalan-amalan yang dapat menghilangkan kesedihan-Kesedihan merupakan hal yang lumrah yang dirasakan manusia. Kesedihan biasanya muncul ketika kondisi hati sedang tidak tenang dan kesepian.

pada umumnya manusia akan merasakan sedih apabila kehilangan sesuatu yang dicintainya. Misal, ada salah satu anggota keluarga meninggal atau ditinggal sahabatnya pergi, hal ini akan membuat keadaan hati seseorang tidak tenang dan merasa sepi sehingga mengalami yang namanya kesedihan.

Kesedihan karena kehilangan orang yang dicintai memanglah menyakitkan. Namun,meski begitu kita tidak boleh terlamapau sedih, kita harus ikhlas dan menyadari bahwa segala yang ada di dunia itu dari Allah dan akan kembali pula pada Allah swt.

Akan tetapi, masih banyak manusia yang belum menyadari hal tersebut dan larut dalam kesedihan. Biasanya mereka yang mengalami kesedihan yang mendalam dan tak kunjung reda ini dikarenakan rasa cinta yang terlalu besar terhadap selain Allah.

BACA JUGA:
Tata cara shalat dhuha lengkap

Seperti cinta terhadap sesama manusia, benda harta ataupun tahta. Apabila seseorang tidak memiliki hati yang kuat dan pengetahuan tentang agama yang cukup maka orang tersebut akan mengalami kesedihan apabila kehilangan salah satu dari yang disebut diatas.

Oleh karena itu penting bagi umat islam untuk mengetahui batasan cinta yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan kegundahan dalam hati yang jika tidak diwaspadai dapat mematikan iman.

Berikut adalah amala-amalan yang dapat menghilangkan kesedihan :

1. Memelihara dan Memperkuat Iman

Dengan kita memperkuat iman kita terhadap Allah, dan meyakini segala sesuatu yang ada didunia ini dari Allah dan akan kembali padanya kita tidak akan merasakan kesedihan yang terlalu mendalam.
Dikarenakan kita menyadari bahwa itu semua hanyalah titipan yang dapat diambil kapan saja oleh pemiliknya.

Didalam Al-Qur'an, Allah swt berfirman:
"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman."(QS.Ali Imran:139)

BACA JUGA:
Puasa sunnah yang dianjurkan pelaksanaannya

2. Istiqomah

Istiqamah artinya tetap, yaitu tetap dalam pendirian dan ketentuan-ketentuan Allah swt. Dan orang-orang yang Istiqamah ini akan selalu dalam penjagaan Allah baik lahir maupun batinnya. Mereka yang Istiqomah memiliki keyakinan yang kuat dan mental yang kuat untuk menerima segala cobaan dari Allah swt.

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:'Tuhan kami ialah Allah' kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan:
"Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu."(fhushilat:30)

3. Dekat dengan Al-Qur'an

Dekat disini memiliki arti sering, yaitu sering membaca Al-Qur'an, memahami serta mengamalkannya. Seorang yang dekat dengan Al-Qur'an hidupnya akan lurus dan tenang. Karena,Al-Qur'an adalah pedoman hidup manusia.

BACA JUGA:
7 Rahasia keutamaan membaca Al-Qur'an

Dan mereka yang dekat dengan Al-Qur'an dijamin oleh Allah tidak akan ada kekhawatiran dalam dirinya dan tidak pula bersedih. Sebagaimana dijelaskan didalam firman Allah:

"Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjk-ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati."(Al-Baqarah:38)

4. Ittiba'(meneladani,mengikuti) Rasulullah saw

Sudah semestinya kita umat Islam, ber-Ittiba' atau mengikuti kehidupan Rasulullah saw. Beliau telah menempuh hidup yang berat sejak kecil namun beliau tetap tabah dan ikhlas dan tidak bersedih.

BACA JUGA:
Manfaat Bershalawat kepada nabi

"Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayatku, maka barang siapa yang bertaqwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati."(AL-A'raaf:35)

Itulah empat amalan-amalan yang dapat menghilangkan kesedihan, ke-empat amalan tersebut dikutip dari Al-Qur'an yang sudah pasti kebenarannya. Jika kita bersedih, itu adalah hal yang lumrah bagi manusia. Namun, janganlah sedih hingga berlarut-larut, sebab hati yang lemah dapat menjadi jalan bagi setan untuk merasuk ketubuh dan fikiran kita.


0 komentar