8 Jenis Jalan Rezeki dari Allah

Jenis-jenis Jalan Rezeki dari Allah-Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis jalan rezeki dari Allah yang di berikan kepada hambanya. 

Perlu kita ketahui bahwa segala harta, kekayaan dan segala rezeki dan nikmat yang kita rasakan saat ini datangnya dari Allah swt. Allah telah mengatur rezeki kita, sehingga tak ada kata rezeki kita tertukar dengan orang lain.

Allah swt berfirman : "Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) dibumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz). (QS. Hud: Ayat 6)

8 jenis jalan rezeki dari Allah

8 Jalan Rezeki dari Allah


1. Rezeki yang telah dijamin

Jaminan bahwa makhluk dibumi tak perlu khawatir dengan urusan rezeki ini dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Hud ayat 6.
Artinya berbunyi : "Dan tidak satupun makhluk bernyawa dibumi melainkan semuanya dijamin Allah Rezekinya ......"

BACA JUGA:
Keutamaan shalat berjamaah

Contoh : Seekor ular yang buta sekalipun walau ia berdiam diri di lubang (sangkarnya) Allah akan mendatangkan rezeki kepadanya dengan cara menyesatkan tikus atau yang lain kedalam sangkarnya sehingga ia dapat menangkapnya dengan mudah.


2. Rezeki dari hasil usahanya

Memang benar telah dijamin rezeki kepada tiap-tiap yang bernyawa. Namun, Kita juga dipinta untuk menjemputnya jika ingin meraihnya dengan cepat, tentunya dengan cara yang baik (kerja yang halal).

Dijelaskan dalam Al-qur'an yang artinya berbunyi :
"Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya"(QS. An-Najm:39)

Contoh : "Dengan keuletan dan kesabarannya seorang pedagang bakso yang menyisihkan uang hasil dagangnya sejak 39 tahun silam akhirnya dapat menunaikan ibadah haji."

3. Rezeki karena bersyukur 

Seorang yang selalu bersyukur akan merasa berkecukupan.
Allah swt berfirman :"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah nikmat kepadamu."(QS. Ibrahim:7)

BACA JUGA :
Tata cara shalat dhuha lengkap

Contoh: "Seorang mahasiswa dari keluarga miskin yang hanya berpenghasilan 30 ribu/hari berkat rasa syukur terhadap Allah dan usaha gigihnya ia mampu lulus dengan nilai terbaik. Namannya bertengger di puncak diantara 967 wisuda lainnya."

4. Rezeki yang datangnya tak disangka-sangka

Orang-orang yang senantiasa bertaqwa kepada Allah akan dimudahkan urusan dunia maupun akhiratnya termasuk urusan rezekinya.

"Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya."(QS. At-Thalaq:2-3)

5. Rezeki karena beristihfar

Allah swt maha pengampun dan maha pemberi, oleh karenanya orang-orang yang rutin beristighfar dan menyadari kekurangan dan dosanya akan memperoleh ampunan dan rezeki dari Allah swt.

"Beristighfarlah kepada tuhanmu, sesungguhnya dia maha pengampun, pasti dia akan mengirimkan kepadamu hujan dengan lebat dan memperbanyak harta."QS.Nuh:10-11)

BACA JUGA:
Keutamaan membaca Al-Qur'an

6. Rezeki yang telah menikah

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika ,mereka miskin, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-nya."(QS.An-Nur :32)

Dari ayat diatas Allah swt menjamin bagi mereka yang menikah meski mereka miskin Allah akan memberikan kecukupan kepadanya. Jadi, janganlah ragu kalian yang ingin menikah meski penghasilan anda mungkin kurang, Allah akan mencukupkannya.

7. Rezeki karena anak

Selain jaminan terhadap yang telah menikah, Allah juga menjamin mereka yang telah memiliki anak dari pernikahan mereka. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah yang artinya :

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu."(QS. Al-Israa':31)

BACA JUGA:
6 Jenis puasa sunnah yang dianjurkan

8. Rezeki karena sedekah

Sedekah tidak akan membuat kita miskin, ada banyak manfaat yang didapat dari sedekah, diantaranya adalah dilipatgandakan rezekinya bagi yang bersedekah.

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak."(QS. Al-Baqarah:245)

Demikianlah jenis-jenis jalan rezeki dari Allah kepada hambanya. Jemputlah rezekimu dengan cara yang baik maka kamu akan memperoleh keberkahan darinya (Allah swt).

0 komentar