Panduan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha Lengkap

shalat 'idul fitri dan idul adha

Shalat 'Idain Shalat Dua Hari Raya

Pengertian Shalat 'Idain

Shalat Sunnah 'Idain-'Idain artinya dua hari raya, yakni hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dua hari raya tersebut, bagi umat muslim merupakan peristiwa yang sangat berarti. Dua peristiwa tersebut menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan umat Islam khususnya.

Shalat 'Idain adalah shalat yang dilakukan pada dua hari raya, yakni Shalat Idul fitri dan Shalat Idul Adha. Shalat Idul Fitri dilaksanakan setelah kita umat muslim menyelesaikan ibadah puasa Ramadan yang jatuh pada tanggal 1 (syawal).

sedangkan shalat Idul Adha dilaksanakan bertepatan dengan selesainya pelaksanaan Ibadah Haji, yakni pada tanggal 10 Dzul Hijjah, yang dilanjutkan dengan penyemblihan hewan kurban bagi yang mampu.

BACA JUGA :
 Shalat sunnah rawatib (pengertian dan pelaksanaan)

Shalat 'Idain ini dilakukan di lapangan luas ataupun di halaman masjid yang dapat menampung jamaah dalam jumlah besar. Apakah hukum dari melaksanakan Shalat 'idain?

Untuk hukum melaksanakan Shalat 'Idain itu sendiri adalah Sunnah Muakkadah yang artinya sangat dianjurkan sekali pelaksanaannya.

Tentang perintah melaksanakan Shalat 'Idain ini telah dijelaskan dalam Firman Allah Qur'an Surah Al-Kausar ayat 1-2 yang artinya :
"Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena tuhanmu dan berkorbanlah."

Juga di terangkan dalam Hadist Nabi:"Dari Ibnu Umar r.a bahwasannya:"Rasulullah Saw, Abu Bakar dan Umar pernah melaksanakan shalat dua hari raya sebelum berkhutbah."(Muttafaqun 'Alaih)

Tata Cara Pelaksanaan Shalat 'Idain

Cara pelaksanaan Shalat 'idain sebenarnya sama seperti shalat sunnah lainnya, yang menjadi pembeda hanyalah tambahan jumlah takbir.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam melaksankan shalat 'Idain, antaralain:
  1. Dilakukan setelah terbit matahari
  2. Tidak diawali khutbah atau ikamah, berbeda dengan shalat jum'at yang diawali dengan khutbah dan ikamah terlebih dahulu.
  3.  Dilakukan secara berjamaah dan tidak dapat dilakukan secara sendirian.
  4.  Sama seperti ibadah lainnya shalat 'idain ini diawali dengan niat terlebih dahulu. 
  5. Takbir tujuh kali pada rakaat pertama dan takbir lima kali pada rakaat kedua, disertai dengan mengangkat kedua tangan setinggi bahu.Rasulullah Saw bersabda:"Dari Amr bin Syu'aib r.a dari bapak dan kakeknya berkata,"nabi Saw bersabda, Takbir pada hari raya idul fitri tujuh rakaat pertama, dan lima pada rakaat kedua."(H.R Abu Dawud).
  6. Membaca tasbih diantara takbir,
  7. Setelah shalat selesai,disampaikan khutbah yang berkaitan dengan Idul Fitri dan Idul Adha.

 Sunah-sunah dalam Melaksanakan Shalat 'Idain

Shalat 'Idain adalah shalat sunah yang mana merupakan ibadah tambahan diluar shalat wajib. Jika dikerjakan Allah SWT akan menambah pahala baginya. Meski demikian ada pula beberapa hal yang disunahkan dalam melaksankan shalat 'idain antaralain:
  1.  Mandi terlebih dahulu sebelum berangkat shalat.
  2. Memakai wewangian.
  3. Memakai pakaian baru,suci (yang baik)
  4.  Disunahkan makan sebelum berangkat shalat idul fitri.
  5.  Disunahkan tidak makan sebelum berangkat shalat idul Adha.
  6.  Berangkat dan pulang melalui jalan berbeda.
  7. Shalat 'Idain dilakukan dilapangan terbuka (jika memungkinkan) demi syiar Islam.

Demikianlah penjelasan singkat tentang shalat 'idain (dua hari raya) semoga bermanfaat kepada kita semua.

0 komentar